Pengguna Instagram Kini Bisa <i>Ngobrol</i> Lintas Aplikasi ke Messenger
Facebook memungkinkan pengguna untuk menggunakan obrolan lintas aplikasi. (foto: facebook)

Bagikan:

JAKARTA - Facebook kembali meningkatkan kemampuan jajaran aplikasinya untuk bekerja lebih baik satu sama lain. Kini pengguna Instagram dan Messenger dapat membuat obrolan grup lintas aplikasi.

"Tujuan kami adalah membantu orang merasa terhubung meskipun mereka tidak dapat bersama. Komunikasi lintas aplikasi telah memudahkan orang untuk tetap terhubung tanpa memikirkan aplikasi mana yang mereka gunakan," ungkap Facebook dalam blog resminya, Jumat, 1 Oktober.

Perusahaan mengatakan saat ini lebih dari 70 persen pengguna Instagram yang telah memenuhi syarat, sudah menjajal fitur ini ke Messenger. Namun, pengguna masih memiliki kontrol yang sama atas siapa yang dapat menghubungi mereka.

"Dengan kontrol pengiriman, Anda memutuskan siapa yang mencapai Daftar Obrolan Anda, siapa yang masuk ke folder Permintaan Pesan Anda, dan siapa yang tidak dapat mengirim pesan atau menelepon Anda. Prioritas nomor satu kami adalah menjaga keamanan dan privasi," ujar Facebook.

Tidak hanya obrolan grup lintas aplikasi, Facebook juga membawa sejumlah fitur lainnya. Adapun jajak pendapat akan segera tersedia di DM grup Instagram dan di obrolan lintas aplikasi. Fitur ini memungkinkan pengguna memilih tempat untuk makan siang melalui sistem voting.

Selain itu, Facebook juga menambahkan indikator pengetikan grup ke Messenger, di mana saat banyak pengguna sedang mengetik pesan maka akan terdeteksi. Belum jelas apakah fitur ini juga akan datang ke Instagram.

Menariknya, saat ini pengguna Instagram juga sudah dapat menggunakan fitur Watch Together Facebook. Lebih lanjut, terinspirasi dari album terbaru J. Balvin dan tema astrologi, perusahaan milik Mark Zuckerberg ini juga menambahkan tema obrolan baru ke Messenger, termasuk tema cottagecore.