Argo AI, Ford dan Walmart Bersinergi Wujudkan Layanan Pengiriman  Barang dengan Kendaraan Otonom
Walmart semakin canggih dalam mengirimkan barang ke pelanggan. (foto: walmart)

Bagikan:

JAKARTA  - Startup swakemudi Argo AI, pembuat mobil Ford Motor Co dan Walmart Inc  akan bersama-sama meluncurkan layanan pengiriman dengan menggunakan kendaraan otonom di Miami, Austin, dan Washington, D.C.

Menurut pernyataan dari Argo AI, pada Rabu, 15 September, Pengujian integrasi awal ketiga perusahaan itu diharapkan akan dimulai akhir tahun ini.

Langkah ini dilakukan karena ekspektasi konsumen bergeser ke pengiriman hari berikutnya atau hari yang sama, terutama di daerah perkotaan dengan konsentrasi pengiriman yang lebih tinggi.

Layanan multi-kota juga akan memungkinkan pelanggan Walmart untuk memesan bahan makanan secara online dan barang-barang populer lainnya untuk pengiriman otonom ke rumah mereka.

Sistem berbasis cloud Argo akan terintegrasi dengan platform pemesanan online Walmart untuk mengarahkan pesanan dan menjadwalkan pengiriman paket. Kendaraan uji self-driving Ford dengan sistem self-driving Argo kemudian akan mengirimkan pesanan ke pelanggan.

"Kolaborasi ini akan memajukan misi kami untuk membawa produk ke rumah pelanggan kami dengan kecepatan yang tak tertandingi," kata Tom Ward, wakil presiden senior pengiriman jarak jauh di Walmart di Amerika Serikat.

Walmart sebelumnya telah bermitra dengan General Motor's  Cruise dalam pilot pengiriman self-driving dan dengan startup kendaraan self-driving Gatik dan Nuro untuk mengeksplorasi pengiriman melalui kendaraan otonom. Namun entah kenapa mereka juga membuat kesepakatan baru dengan Argo AI dan Ford.