Bagikan:

JAKARTA - Deere & Company mengumumkan pada Kamis, 5 Agustus bahwa mereka telah menandatangani perjanjian definitif untuk mengakuisisi Bear Flag Robotics seharga 250 juta dolar AS. , Sejak didirikan pada tahun 2017 Bear Flag Robotics terus mengembangkan teknologi mengemudi otonom yang kompatibel dengan mesin yang ada.

Deere mengatakan kesepakatan itu mempercepat pengiriman otomatisasi dan otonomi ke pertanian dan mendukung strateginya untuk menciptakan mesin yang lebih cerdas dengan teknologi canggih.

"Deere memandang otonomi sebagai langkah maju yang penting dalam memungkinkan petani untuk memanfaatkan sumber daya mereka secara strategis untuk memberi makan dunia dan menciptakan operasi yang lebih berkelanjutan dan menguntungkan," kata Jahmy Hindman, chief technology officer di Deere. "Tim Bear Flag yang terdiri dari profesional, insinyur, dan teknolog pertanian berbakat memiliki kemampuan yang telah terbukti untuk memberikan solusi teknologi canggih ke pasar."

Deere mulai bekerja dengan Bear Flag pada tahun 2019 sebagai bagian dari program Kolaborator Startup barunya. Program Kolaborator Startup bekerja sama dengan perusahaan rintisan yang teknologinya dapat menambah nilai bagi pelanggan Deere. Sejak itu, Bear Flag telah berhasil menerapkan solusi otonomnya di sejumlah peternakan di AS.

"Teknologi canggih Bear Flag Robotics sedang berjalan sekarang," sebuah video yang dirilis dengan pengumuman Deere menjelaskan. "Anda dapat melihat traktor otonom mengemudi melalui ladang hari ini," lanjut video tersebut, dengan gambar traktor John Deere berjalan melintasi layar, melakukan berbagai operasi tanpa pengemudi.

Teknologi otonom Bear Flag memanfaatkan kombinasi sensor LiDAR, radar dan kamera, serta sumber daya komputer "untuk memungkinkan traktor bekerja di ladang secara mandiri, memungkinkan petani dalam meningkatkan produktivitas dan memanfaatkan solusi manajemen jarak jauh."

LiDAR, atau deteksi cahaya dan jangkauan, adalah metode penginderaan jauh yang mengukur jarak objek di permukaan bumi. Sistem LiDAR terestrial dipasang pada kendaraan yang bergerak atau tripod untuk mengumpulkan titik data.

"Salah satu tantangan terbesar yang dihadapi petani saat ini adalah ketersediaan tenaga kerja terampil untuk melaksanakan operasi peka waktu yang berdampak pada hasil pertanian. Otonomi menawarkan alternatif yang aman dan produktif untuk mengatasi tantangan itu secara langsung," kata Igino Cafiero, salah satu pendiri dan CEO dari Bear Flag Robotics.

Tim Bear Flag akan tetap fokus pada otonomi, fusi sensor, visi, data, perangkat lunak, dan perangkat keras. Mereka akan tetap berada di Lembah Silikon di mana mereka akan bekerja dengan Deere untuk mempercepat pengembangan produk otonomi bagi pelanggan Deere di seluruh dunia.