Fitur Netflix "Play Something" Mudahkan Pengguna Nonton Film Baru
David Balev / Unsplash

Bagikan:

JAKARTA - Memilih satu dari sekian banyak konten menarik yang tersedia di Netflix tidak selalu mudah, bahkan terkadang bisa memakan waktu.

Namun kini Netflix meluncurkan fitur baru yakni Putar Sesuatu atau Play Something untuk memudahkan pengguna dalam memilih tontonan film baru.

Fitur ini pada dasarnya adalah tombol acak untuk Netflix, yang memilih acara atau film yang belum ditonton berdasarkan kebiasaan menonton sebelumnya.

"Fitur Putar Sesuatu memungkinkan anggota kami menikmati konten baru di Netflix tanpa harus melakukan pencarian. Kamu dapat pula mengklik Putar Judul Lain untuk menonton film atau serial yang telah dipilih sesuai dengan preferensi kamu," ungkap Director, Product Innovation Netflix, Cameron Johnson dalam keterangan resminya yang diterima VOI, Kamis 29 April.

Menurut perusahaan, fitur tersebut menggunakan algoritme Netflix untuk menentukan konten mana yang mungkin pengguna minati berdasarkan apa yang sudah ditonton atau simpan. 

Di saat pandemi seperti sekarang ini, fitur Play Something sangat sesuai bagi mereka yang ingin mengubah rutinitas, atau sekadar menghibur diri sendiri dengan cara yang mudah.

Fitur yang telah dirilis secara global di perangkat televisi ini juga bisa membantu para orangtua yang ingin secara praktis menghadirkan tontonan ramah keluarga bagi anak-anak mereka sebagai hiburan berkualitas di rumah. 

Netflix juga berencana untuk segera menghadirkannya ke perangkat Android, tetapi tidak jelas kapan akan tiba di perangkat seluler Apple. Akan tetapi, perusahaan tidak berencana membuat fitur Play Something tersedia di antarmuka browser desktopnya. Bagaimana cara mengaktifkan fitur ini? Simak penjelasannya di bawah ini.

1. Temukan fitur ini di bawah nama profil, atau di baris kesepuluh halaman beranda Netflix, atau di menu navigasi yang ada di sisi kiri layar. 

2. Pilih ‘Putar Sesuatu’ untuk menemukan film atau serial baru yang telah dikurasi sesuai dengan preferensi kamu.

3. Atau, klik ‘Putar Judul Lain’ sampai kamu menemukan tayangan yang kamu minati.