Netflix Punya Fitur Fast Laugh, Bikin Cuplikan Video Kocak Ala TikTok
Fitur baru Netflix, Fast Laugh (MacRumors)

Bagikan:

JAKARTA - Belum lama ini, fitur baru hadir di platform streaming film, Netflix. Fitur itu bernama Fast Laugh, sebuah fitur yang menawarkan video pendek seperti TikTok. Netflix memanfaatkan fitur ini untuk menampilkan cuplikan berbagai film di platformnya.

Sebagaimana namanya, fitur Fast Laugh ini hanya menayangkan cuplikan kocak dari film maupun series. Durasi yang ditayangkan dalam fitur ini pun singkat. Pihak perusahaan mengatakan bahwa dengan hadirnya fitur ini diharapkan bisa mempermudah para pengguna platformnya dalam mencari berbagai film komedi yang akan ditonton.

Tampilan fitur ini juga dibuat sesederhana mungkin supaya para pengguna dapat mencari bermacam-macam cuplikan komedi dengan mudah dan nyaman.

“Kami ingin menghadirkan cara yang lebih menyenangkan bagi pengguna untuk mencari aneka momen-momen kocak di katalog film atau serial TV kami melalui pengalaman layar penuh,” ujar pihak Netflix dalam sebuah wawancara.

Rencananya fitur anyar ini akan hadir dalam tab baru yang ditempatkan di antara dua tab lain, “Coming Soon” dan “Downloads”. Jadi, pengguna hanya perlu memilih tab baru itu untuk menonton berbagai cuplikan video lucu.

Netflix mengungkapkan pihaknya telah menyediah sebanyak 100 cuplikan video yang sebelumnya dikurasi oleh tim dan akan tayang secara bergantan di fitur Fast Laugh. Perusahaan membocorkan bahwa cuplikan video singkat yang lucu itu akan diambil dari acara stand up komedi terkenal seperti Jerry Seinfield, Hannah Gadsby, Kevin Hart dan Ali Wong.

Sedangkan cuplikan dari film diambil dari Never Have I Ever, Murder Mystery, Moxie, Schitt’s Creek, dan sebagainya. Dengan adanya fitur ini pengguna dapat mengklik sejumah simbol yang tersusun secara vertikal di fitur Fast Laugh. Ini menjadikan Fast Laugh menyerupai tampilan aplikasi video pendek yang populer yaitu TikTok.

Sejumlah submenu di fitur ini meliputi “LOL” agar pengguna bisa memberi respon tertawa. Kemudian ada “My List” agar pengguna bisa menambahkan video ke playlist. Ada juga “Share” yang berfungsi untuk membagikan cuplikan tersebut ke media sosial milik pengguna. Yang terakhir ada “Play” di mana pengguna akan diarahkan untuk menonton film versi full yang berasal dari cuplikan video yang telah ditonton.

Namun, fitur Fast Laugh dari Netflix ini baru tersedia untuk aplikasi versi iOS saja. Itu pun baru diluncurkan untuk para pengguna aplikasi Netflix di beberapa negara saja seperti di AS, Kanada, Australia, dan Inggris.

Perusahaan juga belum mengumumkan kapan fitur ini akan tersedia untuk versi Android. Sampai saat ini pengguna Indonesia juga belum mengetahui kapan fitur ini akan tersedia. Melansir Variety, ke depannya perusahaan berencana menguji coba fitur ini untuk Android dalam beberapa waktu yang akan datang.