Netflix Kembangkan Fitur untuk Anak-anak, Mirip TikTok!
Netflix berencana membuat aplikasinya lebih hidup untuk anak-anak. (foto : dok. netflix)

Bagikan:

JAKARTA - Netflix berencana membuat aplikasinya lebih hidup untuk anak-anak, dengan mengembangkan fitur klip. Fitur ini nantinya akan berisi video pendek tentang cuplikan film atau acara TV khusus anak.

Fitur pertama kali ditemukan oleh pengembang Steve Moser, mencatat bahwa dia menemukan referensi tambahan di dalam aplikasi Netflix iOS. Menurut deskripsi dalam kode aplikasi, fitur ini dideskripsikan sebagai cara bagi pengguna yang lebih muda untuk menonton klip pendek yang lucu, konyol, musikal dari acara TV dan film.

Setelah temuan itu, perusahaan akhirnya mengonfirmasi bahwa fitur tersebut rencananya akan diluncurkan minggu ini di Amerika Serikat (AS), Kanada, Australia, Selandia Baru, Irlandia dan Inggris, serta semua wilayah berbahasa Inggris lainnya lebih dahulu. Fitur ini juga akan diluncurkan ke pasar Amerika Latin berbahasa Spanyol.

Lebih lanjut, perusahaan menjelaskan tujuan dari menghadirkan fitur klip, di mana menurutnya ini lebih berfungsi sebagai fitur penemuan yang akan memperkenalkan anggota ke konten katalognya dengan cara yang menyenangkan, cepat, dan intuitif.

Namun mengutip TechCrunch, fitur ini sangat mirip dengan fitur "Fast Laughs" yang ada untuk orang dewasa pada aplikasi TikTok, keduanya menyertakan umpan video vertikal layar penuh dan tombol interaksi yang ditumpuk di sisi kanan, memungkinkan pengguna untuk bereaksi, berbagi, dan banyak lagi.

Menjadi pembedanya, pengguna dewasa tidak dapat mengomentari konten tersebut. Sebagai gantinya, sebuah tombol memungkinkan pengguna untuk menambahkan judul menarik ke daftar Netflix mereka untuk ditonton.

Alih-alih menawarkan umpan video vertikal seperti TikTok, fitur anak-anak akan menampilkan video horizontal yang muncul di jendela layar penuh, bukan di dalam tab. Klip akan diputar otomatis, tetapi orang tua dapat menonaktifkan ini di pengaturan. Pilihan klip akan diperbarui setiap hari, dan akan fokus pada acara yang ada di layanan.

Saat diluncurkan, fitur ini akan dibatasi hingga 10 hingga 20 klip dan akan menampilkan hitungan mundur yang menunjukkan jumlah klip di sudut kanan atas layar. Sementara itu, Netflix mereka berharap fitur klip baru akan membantu anak-anak menemukan konten baru serta menghubungkan mereka dengan momen rewatch favorit mereka.