Gegara Mode <i>Autopilot</i> Mobil Tesla Tabrak Pohon, Tewaskan Dua Orang di Texas
Ilustrasi Tesla (Image Credit: Andreas Dress / Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA – Mode autopilot atau sistem kemudi otomatis jadi daya tarik bagi pengguna mobil listrik buatan Tesla. Meski dapat bergerak otomatis, mode autopilot ini tetap memerlukan pengawasan langsung dari pengemudi selama berkendara.

Pasalnya sebuah mobil listrik Tesla menabrak pohon dan terbakar pada Sabtu, 17 April, di Texas, Amerika Serikat. Kejadian itu menewaskan dua orang penumpang di dalamnya. 

Menurut keterangan polisi, mobil listrik Tesla itu menabrak pohon lalu terbakar. Di mana tidak ada seseorang yang duduk di kursi kemudi saat kecelakaan terjadi, sebagaimana dirangkum The Guardian, Senin, 19 April. 

"Tidak ada seorang pun di kursi pengemudi," kata polisi yang masih menyelidiki kecelakaan tersebut.

Melansir CNBC International, Tesla menjual sistem penggerak otomatis yang disebut FSD atau Full Self-Driving. Sistem ini telah terpasang dihampir mobil Tesla, dengan biaya langganan seharga 10.000 dollar AS (sekitar Rp 145 jutaan).

Sistem ini memungkinkan mobil dapat bergerak secara otomatis tanpa harus dikemudikan. Bos Tesla, Elon Musk mengklaim sistem kemudi otomatis ini telah berfungsi cukup baik.

“Autopilot sudah cukup baik sehingga Anda tidak perlu mengemudi di sebagian besar waktu kecuali Anda benar-benar menginginkannya," kata Musk dalam acara podcast Joe Rogan Experience.

Kendati mobil dapat bergerak secara otomatis, Tesla menekankan bahwa sistem autopilot pada FSD tidak benar-benar membuat mobil menjadi otonom. Kontrol dari pengemudi masih sangat diperlukan untuk mengawasi kendali mobil.

“Fitur yang saat ini diaktifkan memerlukan pengawasan pengemudi aktif dan tidak membuat kendaraan menjadi otonom,” tulis pihak Tesla dalam manualnya.

Meski demikian, banyak pengguna Tesla yang mengaktifkan mode autopilot dan membiarkan mobil bergerak secara otomatis tanpa ada seseorang di kursi kemudi. Bahkan tak sedikit yang membiarkan mobil Tesla berjalan sendiri dengan pengemudi yang tertidur di kursi belakang. 

Salah satunya adalah yang dilakukan oleh aktor Jamie Foxx. Dia mengunggah video dalam kanal YouTube-nya yang menampilkan adegan Foxx tidur di depan kemudi mobil listrik Tesla model 3 dan juga menyetir sambil menutup mata.