Masalah Sistem Kemudi Autopilot Tesla, Bulan Dikira Lampu Lalu Lintas!
Sistem kemudi autopliot Tesla mengalami masalah saat mengidentifikasi bulan di cakrawala. (ilustrasi : twitter @JordanTeslaTech)

Bagikan:

JAKARTA - Mobil Tesla populer karena memiliki banyak fitur. Salah satunya adalah mode autopilot yang juga dikenal sebagai Fitur Mengemudi Mandiri Penuh. Namun, dalam sebuah video yang menjadi viral, muncul kesalahan pada fitur FSD di kendaraan yang secara konsisten mengira bulan yang menggantung rendah di angkasa dianggap sebagai lampu lalu lintas.

Dikenal dengan teknologi kelas dunia dan langkah-langkah keamanannya, mobil-mobil yang diperkenalkan Elon Musk terkenal dengan fitur autopilot canggih atau mengemudi jarak jauh yang memungkinkan orang untuk bermanuver dengan kendaraan tanpa berada di belakang kemudi. 

Seorang pengemudi Tesla menemukan masalah (bug) pada sistem autopilot mobil Tesla yang tampaknya salah mengira bulan sebagai lampu lalu lintas. Sebuah klip video yang difilmkan oleh pemilik Tesla, Jordan Nelson memamerkan sistem FSD yang terus menerus membingungkan karena bulan dianggap sebagai lampu lalu lintas kuning dan membuat mobil untuk melambat.

Pengguna Twitter memposting klip video online, di mana mobil saat melihat bulan di cakrawala langit tampak kebingungan melihat lampu lalu lintas kuning. Melalui akun Twitter-nya, Nelson berbagi, "Hei @Elonmusk, Anda mungkin ingin tim Anda melihat ke bulan untuk menipu sistem autopilot. Mobil itu mengira bulan adalah lampu lalu lintas kuning dan ingin terus melambat."

Setiap kali bulan muncul, FSD built-in menunjukkan sinyal lalu lintas di layar dengan lampu kuning bersinar dan meskipun tidak ada apa-apa di depannya. Mobil yang diprogram Tesla pun menunjukkan sinyal untuk melambat. Bulan kala itu tampak sangat kuning dan muncul rendah di langit yang kemungkinan berkontribusi pada masalah yang jarang terjadi. Akan tetapi pengemudi dari kendaraan canggih seperti itu, ingin masalah tersebut diselesaikan.

Masalah muncul setelah Tesla mengumumkan bahwa setiap pengguna dapat berlangganan fitur FSD Autopilot seharga 99 dolar AS hingga 199 dolar AS per bulan daripada membayar satu kali jumlah yang besar sebesar 10.000 dolar pada saat pembelian kendaraan. Fitur Autopilot Tesla telah menghadapi tantangan yang nyata sementara merek memastikan masalah ini berada dalam domain pemahaman teknologi yang baru diperkenalkan.