Bahayakan Pengemudi,  Sistem Kemudi Autopilot Tesla Masih Bermasalah
Kesalahan sistem kemudi autopliot, membuat Tesla sering kali berjalan tak sesuai harapan. (foto: unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Media AS, Consumer Reports, pada Selasa, 20 Juli, menyatakan bahwa perangkat lunak "Full Self-Driving" Tesla Inc (TSLA.O) tidak memiliki perlindungan yang cukup dan meningkatkan kekhawatiran penggunaan sistem kemudi otonom di jalan umum. Ini telah menempatkan masyarakat pada risiko yang berbahaya, seperti yang dilaporkan oleh para pengemudi.

Publikasi konsumen berpengaruh tersebut mengutip video yang diposting di media sosial tentang pengemudi Tesla yang menggunakannya dan mengangkat kekhawatiran tentang masalah tersebut, termasuk "kendaraan menjadi hilang belokan, tergores semak-semak, dan malah berjalan menuju mobil lain yang diparkir di pinggir jalan."

Consumer Reports mengatakan pihaknya berencana untuk menguji secara independen pembaruan perangkat lunak yang dikenal sebagai FSD Beta 9, segera setelah Model Y menerima pembaruan. 

Menanggapi hal itu,  Tesla dan Administrasi Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional (NHTSA) tidak segera berkomentar.

"Video FSD Beta 9 beraksi tidak menunjukkan sistem yang membuat mengemudi lebih aman atau bahkan mengurangi stres," kata Jake Fisher, Direktur Senior Pusat Uji Otomatis Consumer Reports. "Konsumen hanya membayar untuk menjadi teknisi pengujian untuk mengembangkan teknologi tanpa perlindungan keamanan yang memadai.”

Pada April 2021, Consumer Reports mengatakan para insinyurnya mampu mengalahkan perlindungan pada Autopilot Tesla dan keluar dari kursi pengemudi.

Bulan lalu, NHTSA mengungkapkan telah membuka 30 investigasi terhadap kecelakaan Tesla yang melibatkan 10 kematian sejak 2016, di mana sistem bantuan pengemudi canggih diduga digunakan.

Menurut Dewan Keselamatan Transportasi Nasional (NTSB), sistem Autopilot, yang menangani beberapa tugas mengemudi, beroperasi di setidaknya tiga kendaraan Tesla yang terlibat dalam kecelakaan fatal di AS sejak 2016.

NTSB telah mengkritik kurangnya perlindungan sistem Tesla untuk Autopilot, yang memungkinkan pengemudi untuk menjauhkan tangan mereka dari kemudi untuk waktu yang lama.

Tesla mengatakan minggu lalu pemilik yang memenuhi syarat dapat berlangganan FSD seharga 99 atau 199 dolar AS per bulan. Tesla mengatakan "fitur FSD yang diaktifkan saat ini tidak membuat kendaraan menjadi otonom. Fitur yang diaktifkan saat ini memerlukan pengemudi yang penuh perhatian, yang memegang kemudi dan siap untuk mengambil alih setiap saat."