Rumania Tolak Huawei untuk Bangun Proyek Jaringan 5G
Rumania larang Huawei kembangkan 5G di negaranya (SCMP)

Bagikan:

JAKARTA – Rumania dikabarkan melarang China dan perusahaan teknologinya, Huawei untuk turut serta dalam pengadaan teknologi 5G. Pemerintah Rumania sendiri telah setuju dengan kebijakan Amerika Serikat yang melarang perusahaan teknologi China turut ambil bagian.

Benua Eropa telah menjadi arena pertempuran teknologi antara China dan AS, begitu pula dengan Huawei dan pesaingnya di Eropa yaitu Ericsson dan Nokia. Pasalnya, jika Huawei tidak mendapat akses pengadaan jaringan 5G maka kedua perusahaan tersebut yang bakal mendapat kesempatan besar menangani proyek tersebut.

“Pemerintah baru saja menyetujui rancangan undang-undang yang sangat penting bagi Rumania, menyegel memorandum 2019 yang ditandatangani di Washington, yang berarti bahwa China dan Huawei dikesampingkan dari segala kemungkinan kemitraan 5G,” ujar Pavel Popescu selaku anggota Kamar Dagang Rumania sebagaimana yang dikutip dari Reuters, Jumat, 16 April.

Rumania sendiri merupakan sekutu AS. Di mana perang dagang AS dan China membuat banyak industri teknologi jadi terhambat

Di sisi lain, kendati dimasukkan ke dalam daftar hitam AS, saat ini Huawei terus mempersiapkan infrastruktur teknologi 5G. Pihak Huawei juga membantah tudingan AS dan sekutunya yang mengatakan bahwa pihaknya melakukan spionase demi kepentingan China.

Sama seperti kebijakan AS yang memblokir Huawei, Rumania juga mengungkapkan alasan yang sama, yaitu demi keamanan nasional. “Keamanan nasional adalah tujuan utama, dan melindungi data pribadi generasi masa depan Rumania sangatlah penting,” kata Popescu.

Dalam rancangan undang-undang baru, pemerintah Rumania menyebutkan bahwa posisi vendor tunduk pada perintah negar asing, struktur kepemilikan yang transparan, dan menaati hukum.