Huawei Siap Menantang Google Android Lewat OS Harmony
OS Harmony (Huawei Global Analyst Summit 2021)

Bagikan:

JAKARTA - Huawei, memastikan sistem operasi (OS) Harmony buatan mereka sendiri akan hadir di perangkat ponsel P40 Pro dan P50. OS ini juga akan mendukung lebih banyak perangkat Huawei yang nantinya dirilis secara global.

"Berikutnya, OS Harmony akan hadir di ponsel," kata Rotating Chairman Huawei, Eric Xu, saat Huawei Global Analyst Summit 2021.

Pengumuman ini sekaligus, teaser bagi smartphone flagship terbaru Huawei yakni P50 yang akan dirilis pada Juni mendatang. Flagships akan diluncurkan bersamaan dengan tablet MatePad Pro 2, yang juga akan menjalankan OS baru.

OS Harmony sendiri telah memasuki versi Beta 3.0 yang sudah mendukung ekosistem Huawei. Perangkat lunak ini juga akan digulirkan secara global untuk P40 Pro, Mate 30 dan MatePad Pro. 

Seperti diketahui, imbas perang dagang Amerika Serikat dengan China telah memberikan pukulan keras bagi Huawei sejak 2019 lalu. Akibatnya ponsel keluaran Huawei tidak lagi mendapatkan lisensi penuh dari layanan Google Android.

Sejak itu, mereka mengembangkan ekosistem Huawei Mobile Services (HMS) sebagai pengganti Google Mobile Service (GMS). OS itu nantinya akan terpasang di  perangkat wearable maupun smartphone flagship Huawei.

Huawei sudah bekerja sama dengan 20 vendor perangkat lunak dan 280 vendor aplikasi untuk mengembangkan ekosistem di Huawei Mobile Services. Hingga akhir tahun lalu, terdapat 23, juta pengembang yang terdaftar di ekosistem HMS, sekitar 300.000 pengembang berada di luar China.

"Kami perkirakan lebih dari 40 merk arus utama dan 100 juta perangkat akan jadi titik masuk OS Harmony pada 2021," kata Xu.

Catatan Huawei, tahun lalu pengguna Huawei App Gallery di luar China naik lebih dari 10 kali lipat dibandingkan 2019. Huawei App Gallery menjangkau lebih dari 700 juta pengguna Huawei di 170 negara dan wilayah.