Bagikan:

JAKARTA – Badan Antariksa Eropa (ESA) menjalin kerja sama dengan Starion, perusahaan di bidang pertahanan dan infrastruktur antariksa, dalam mendirikan Platform Keselamatan untuk Krisis dan Darurat (Safeplace).

Platform ini dibangun untuk meningkatkan kemampuan manajemen krisis di Eropa. Inti dari pembuatan Safeplace adalah pemberian informasi yang secara rinci, akurat, dan sesuai dengan kebutuhan pihak pertama yang menghadapi krisisnya. 

Harapannya, platform ini bisa menjadi media pengiriman data penting yang berkaitan dengan situasi darurat karena bencana alam, seperti banjir, gempa bumi, dan kebakaran. Platform ini juga menyediakan data yang berkaitan dengan insiden kimia. 

ESA menjelaskan bahwa Safeplace menyatukan konsorsium sembilan perusahaan dari Belgia dan Spanyol, yang dipimpin oleh Starion. Dalam tiga tahun pertama, proyek ini akan fokus pada empat percontohan di Belgia dan Spanyol, termasuk demonstrasi langsung.

"Dengan meningkatkan kemampuan kami untuk menanggapi berbagai tantangan mulai dari bencana alam hingga krisis kemanusiaan, kami mengambil langkah signifikan menuju Eropa yang lebih aman dan tangguh," kata Laurent Jaffart, Direktur Konektivitas dan Komunikasi Aman ESA. 

Laurent menambahkan bahwa proyek ini akan memamerkan kemampuan teknologi yang Eropa kembangkan. Dengan mendirikan Safeplace, ESA akan membantu masyarakat dalam menghadirkan krisis dan keadaan darurat secara tidak terduga.

Safeplace akan mengintegrasikan observasi Bumi tingkat lanjut, penentuan posisi berbasis satelit, data Internet of Things (IoT), dan layanan komunikasi satelit sehingga data bisa dibagikan dengan mudah dan aman melalui platform yang dikembangkan.