Bagikan:

JAKARTA – Adobe Lightroom mendapatkan berbagai fitur baru untuk membantu fotografer dalam mengekspresikan karya mereka. Fitur ini diklaim membuat Lightroom lebih efisien karena performanya meningkat.

Saat menggelar MAX, konferensi kreativitas tahunan di Miami Beach, Adobe mengungkapkan bahwa mereka akan menambahkan berbagai fitur penyuntingan berbasis Kecerdasan Buatan (AI). Seluruh fitur terbaru ini dinilai ampuh dalam mempertahankan kualitas suntingan.

Fitur pertama yang Adobe tambahkan adalah Quick Action. Tersedia untuk Lightroom versi iOS, Android, dan web, fitur ini dapat melakukan pengeditan otomatis dengan mendeteksi subjek, latar belakang, dan fitur yang perlu diperbaiki seperti gigi, mata, atau kulit.

"Quick Action secara otomatis membuat masks individual dari setiap elemen yang dipilih untuk disempurnakan dengan kontrol yang tersedia atau disempurnakan lebih lanjut di panel masking. Tindakan ini bahkan akan menyarankan prasetel terbaik," ungkap Adobe.

Berikutnya, ada fitur Generative Remover yang juga tersedia di aplikasi seluler. Fitur ini sempat dirilis dalam akses awal pada Mei lalu, tetapi kini fiturnya akan tersedia secara umum. Artinya, pengguna Lightroom biasa juga bisa mengakses fitur ini dengan mudah.

Generative Remover dirilis untuk menghilangkan gangguan atau objek tidak sempurna dalam gambar. Fitur berbasis AI ini sangat penting bagi fotografer yang ingin menghilangkan photobomb atau memusatkan fokus pada objek utama. 

"Kami juga telah menambahkan penyempurnaan untuk memilih objek agar lebih mudah digunakan. Kini saat opsi Detect Objects diaktifkan, Anda cukup melingkari gangguan yang ingin Anda hapus selain mengusapnya," jelas Adobe.