Bagikan:

JAKARTA- Spotify telah memutuskan untuk mengembalikan fitur lirik kepada pengguna gratis setelah sebelumnya mengenakan biaya langganan untuk akses lirik dalam uji coba terbatas tahun lalu.

Sebelumnya, Spotify memberikan akses lirik, termasuk pembaruan lirik yang disinkronkan dengan waktu yang diperkenalkan pada tahun 2021, kepada semua pengguna. Namun, pada tahun lalu, Spotify melakukan uji coba dengan menempatkan lirik di balik dinding pembayaran langganan, yang membuat pengguna gratis tidak lagi dapat melihatnya. Uji coba tersebut awalnya terlihat berhasil, sehingga Spotify meluncurkannya secara global pada bulan Mei tahun ini.

Namun, Engadget mencatat bahwa perusahaan telah membuat keputusan untuk membalikkan kebijakan tersebut. Pengguna gratis sebelumnya hanya bisa mengikuti lirik untuk tiga lagu per bulan, namun kini Spotify menghapus batasan tersebut. Pengguna gratis kini dapat melihat semua lirik tanpa batasan.

“Di Spotify, kami selalu melakukan pengujian dan iterasi. Ini berarti ketersediaan fitur kami bisa bervariasi antara tier dan antara pasar serta perangkat,” kata juru bicara Spotify dikutip VOI dari kepada Engadget. “Dalam beberapa minggu ke depan, kami akan memperluas ketersediaan Lirik untuk pengguna Spotify Gratis agar lebih banyak orang dapat menikmati melihat lebih banyak lirik secara global."