Instagram Resmi All England Hilang dan Akun <i>Backup</i>-nya Dikunci, Gara-Gara Netizen Indonesia?
Tangkap layar akun yang diduga sebagai akun backup Instagram All England.

Bagikan:

JAKARTA - Akun Instagram resmi All England 2021, hilang secara tiba-tiba pada hari ini. Ketika mengetik akun "allenglandofficial" di kolom pencarian, Instagram menjelaskan akun tersebut sudah tidak ada.

Hilangnya akun Instagram All England juga diungkapkan oleh akun Twitter @bulutangkisRI. "Kena take down apa salah akun apa gimana?" cuit @bulutangkis RI pada Sabtu, 20 Maret.

Sebelumnya, akun Instagram All England memang tengah diburu oleh warganet Indonesia. Kolom komentarnya penuh oleh kritikan dan meminta penjelasan penyelenggara turnamen bulu tangkis ini solah terdepaknya tim Indonesia dari pertandingan.

Ada dua kemungkinan penyebab hilangnya akun Instagram. Pertama, akun tersebut dihapus atau dinonaktifkan oleh pemilikya. Kedua, banyak warganet yang melaporkan akuan tersebut ke pihak Instagram. Biasanya, akun dilaporkan karena mengganggu.

Terbaru, All England diduga membuat akun Instagram cadangan (backup) dengan nama "allengland". Dalam akun tersebut, dijelaskan, "[Backup Account] The All England Open Badminton Championship is the World's oldest badminton tournament, held annualy in England," tulis keterangan akun tersebut.

Akun ini telah mengunggah 34 foto, dengan pengikut di atas 400. Ketika VOI menelusuri beberapa jam lalu, akun tersebut membuat pengaturan akun dengan membatasi kolom komentarnya.

Tangkap layar unggahan akun yang diduga sebagai backup akun Instagram All England.

Saat dilihat, ternyata akun ini kembali diserang warganet Indonesia. Banyak warganet yang menyematkan ikon bendera Indonesia, serta menyerukan kata "unfair", yang artinya "tidak adil", dalam kolom komentar tersebut.

Selang beberapa waktu, akun @allengland dikunci dan belum menerima tambahan pengikut. 

Awal masalah

Seluruh tim bulutangkis Indonesia dipaksa mundur dari turnamen bergengsi All England 2021. Hal itu terjadi setelah ditemukannya kasus positif COVID-19 di pesawat yang Marcus Gideon dkk tumpangi.

Semua bermula ketika otoritas kesehatan Inggris, National Health Security (NHS) mengirimkan email kepada 20 dari 24 anggota tim Indonesia yang berada di Birmingham. Intinya mereka memerintahkan tim Indonesia kembali ke hotel untuk menjalani isolasi mandiri sampai 23 Maret.

Tim Indonesia akan berada di Crowne Plaza Birmingham City Centre. NHS menjelaskan dalam pesawat yang mengangkut kontingen Indonesia dari Istanbul ke Birmingham terdapat penumpang yang positif COVID-19.

Dalam email tersebut dijelaskan jika seseorang berada dalam satu penerbangan bersama orang yang positif COVID-19, maka orang itu harus menjalani masa isolasi selama 10 hari. Meskipun orang tersebut negatif COVID-19 berdasarkan tes terbaru.

Dari sini sebetulnya muncul pertanyaan. Sebab, ada pemain tunggal putri dari Turki, Neslihan Yigit yang tidak dinyatakan walkover (WO). Padahal ia berada satu pesawat dengan para pemain Indonesia. Ini menjadi salah satu, dari banyaknya hal yang memunculkan tanda tanya dari banyak pihak walau akhirnya Yigit juga dilarang tampil.