Bagikan:

JAKARTA – SmartThings, platform otomatisasi smart home, meluncurkan program respons permintaan bernama SmartThings Energy Flex Connect. Program ini Samsung luncurkan di California dan New York.

Pengguna yang memenuhi syarat sudah bisa mendaftarkan perangkat ke dalam program tersebut melalui SmartThings Energy. Berbagai perangkat yang bisa didaftarkan adalah termostat, colokan, AC, lampu, televisi, dan peralatan lainnya.

Samsung menjelaskan bahwa peralatan yang didaftarkan ke layanan SmartThings Energy harus peralatan yang bisa berpartisipasi, "dalam acara energi dan menghemat energi saat jaringan listrik sedang terbebani."

Program ini dapat mengonversi energi melalui tiga cara. Pertama, SmartThings Energy Flex Connect akan mengaktifkan Mode Energi AI secara otomatis untuk menghemat penggunaan energi saat permintaan listrik sedang meningkat.

Kedua, pengguna dapat mengonsumsi lebih sedikit energi dengan fungsi mati daya. Beberapa peralatan yang didukung program ini akan dimatikan saat tidak dibutuhkan, termasuk peralatan elektrik seperti lampu dan colokan.

Terakhir, penghematan daya dapat dilakukan dengan menyesuaikan suhu cerdas di termostat. Untuk merasakan tiga hal ini, pengguna aplikasi SmartThings bisa memilih perangkat yang ingin diikutsertakan dan menyesuaikan preferensinya.

"Dengan kemampuan otomatisasi yang tertanam dalam SmartThings Energy, perangkat yang terdaftar berpartisipasi dalam suatu acara saat sinyal Respons Permintaan diterima, memungkinkan pengguna untuk mendukung jaringan listrik dan menghemat energi," jelas Samsung.

Seluruh peserta akan memperoleh poin Samsung Rewards saat mendaftarkan dan mengotomatisasikan perangkat mereka. Pemberian poin ini akan mendorong para pengguna dalam menghemat energi untuk upaya keberlanjutan.