Bagikan:

JAKARTA - Kamera bertenaga AI ini bisa mendeteksi pengemudi yang melanggar hukum. Kamera ini akan tetap di tempat selama seminggu sebagai bagian dari uji coba nasional yang sedang berlangsung di Inggris.

Hari ini, Safer Roads Humber akan mengerahkan kamera mobile bertenaga AI untuk menangkap pengemudi yang menggunakan ponsel dan tidak mengenakan sabuk pengaman. Kamera yang dioperasikan oleh perusahaan keselamatan jalan asal Australia, Acusensus, akan berada di jalan-jalan di East Yorkshire dan Northern Lincolnshire selama seminggu.

Ini adalah kali kedua kamera AI ini dikerahkan di wilayah tersebut sebagai bagian dari uji coba di seluruh Inggris yang dilakukan oleh National Highways. Ian Robertson dari kemitraan Safer Roads Humber mengatakan, "Peralatan canggih ini meningkatkan kemampuan penegakan kami."

Kamera AI baru ini akan dikerahkan di jalan-jalan di East Yorkshire dan Northern Lincolnshire mulai hari ini. Kamera ini akan dikerahkan dari trailer yang terlihat jelas di pinggir jalan di area tersebut dari mana kamera ini akan mengambil foto pengemudi di mobil yang datang. Gambar-gambar ini kemudian akan ditinjau oleh AI yang dilatih untuk mendeteksi apakah pengemudi sedang menggunakan ponsel atau mengemudi tanpa sabuk pengaman.

Menurut juru bicara Safer Roads Humber, Acusensus akan bertanggung jawab untuk memasang sistem di lokasi dan mengoperasikan perangkat lunak deteksinya. Sementara Acusensus akan melakukan evaluasi awal, perusahaan ini akan membagikan gambar yang ditandai oleh AI kepada Safer Roads Humber atau National Highways untuk tinjauan sekunder.

Ini berarti bahwa kasus individu akan ditinjau oleh beberapa orang sebelum dikeluarkan denda atau penuntutan. Kamera mobile menggunakan AI untuk mendeteksi apakah pengemudi menggunakan ponsel atau tidak mengenakan sabuk pengaman dan akan tetap berada di area tersebut selama seminggu.

Apa hukuman yang bisa dihadapi pengemudi? Jika tertangkap menggunakan ponsel:

  • Enam poin pada SIM
  • Denda hingga  200 pound

Jika tidak mengenakan sabuk pengaman:

  • Denda hingga  100 pound jika pengemudi bertanggung jawab atas penumpang di bawah 14 tahun
  • Pengemudi juga mungkin ditawarkan kursus pendidikan sebagai alternatif dari penuntutan jika memungkinkan.

"Vans kamera keselamatan kami saat ini sudah dapat mendeteksi pengguna ponsel, pelanggaran sabuk pengaman, dan pelanggaran lainnya, seperti mengemudi dengan ceroboh, tetapi peralatan khusus ini memberi kami kapasitas tambahan," kata Robertson.

Ini terjadi di tengah peningkatan jumlah penuntutan atas penggunaan ponsel saat mengemudi. Menurut data yang dirilis oleh The AA awal tahun ini, jumlah penalti tetap yang dikeluarkan untuk penggunaan ponsel meningkat 93 persen antara tahun 2021 dan 2022. The AA menyarankan bahwa peningkatan ini mungkin disebabkan oleh peningkatan "detektif" dashcam yang mengirimkan rekaman mereka ke polisi untuk membantu penuntutan.

Sementara penggunaan ponsel saat mengemudi masih sangat umum, itu juga membuat pengemudi sekitar empat kali lebih mungkin terlibat dalam kecelakaan.  "Menggunakan ponsel genggam saat mengemudi, apakah itu untuk mengirim pesan teks, memeriksa status, atau menelepon teman, adalah tindakan yang sangat disengaja. Tidak mengenakan sabuk pengaman adalah tindakan yang sangat disengaja dan jika Anda terlibat dalam tabrakan, Anda lebih mungkin terbunuh atau terluka parah," kata Robertson.

Safer Roads Humber sebelumnya telah menerapkan teknologi ini sebagai bagian dari uji coba yang sedang berlangsung oleh National Highways. Uji coba dimulai pada tahun 2021 ketika pengemudi dikirimi surat peringatan setelah kamera AI menangkap mereka mengemudi tanpa sabuk pengaman dan akan berlanjut hingga Maret 2025. National Highways telah bermitra dengan perusahaan infrastruktur AECOM yang mengelola penerapan dan penyimpanan semua data yang dikumpulkan selama uji coba.

Data yang dikumpulkan akan disimpan oleh AECOM selama tiga bulan setelah dipindahkan ke lembaga penegak hukum yang relevan. Meskipun hasil uji coba tidak akan tersedia hingga selesai, data awal menunjukkan bahwa kamera ini bisa sangat efektif. Selama salah satu penerapan awal di Devon dan Cornwall, hampir 300 pengemudi ditemukan menggunakan ponsel atau tidak mengenakan sabuk pengaman hanya dalam tiga hari.

Kamera bertenaga AI sebelumnya dikerahkan di Devon dan Cornwall menangkap 117 orang menggunakan ponsel mereka hanya dalam tiga hari seperti yang terlihat pada gambar ini.Sebagai bagian dari uji coba selama 15 hari pada tahun 2022, sistem berbasis kendaraan yang lebih besar mendeteksi 590 pelanggaran sabuk pengaman dan 45 pelanggaran penggunaan ponsel.

Kamera bertenaga AI Acusensus juga sebelumnya digunakan di negara bagian New South Wales, Australia, di mana mereka diperkirakan telah mengurangi angka kematian di jalan sebesar seperlima.