Apple Watch Akan Hadirkan Fitur SOS Darurat untuk Selamatkan Orang yang Tenggelam
Apple Watch ajukan paten untuk fitur terbaru (foto: dok. unsplash)

Bagikan:

 

JAKARTA – Apple Watch akan mendapatkan fitur baru berupa SOS darurat. Fitur yang sedang diajukan dalam permohonan paten ini diklaim mampu menolong orang yang tenggelam saat berenang atau menyelam.

Berdasarkan laporan 9to5mac, permohonan paten Apple menjelaskan bahwa perangkat wearable buatannya bisa mendeteksi perilaku yang tidak wajar. Saat sistem menyadari penggunanya tenggelam, perangkat ini akan meminta bantuan secara otomatis.

Sinyal bantuan ini akan dikirimkan ke perangkat lain, baik teman maupun keluarga yang berada di sekitar kolam renang. Fitur SOS darurat ini juga akan berinteraksi dengan sistem pendeteksi atau alarm tenggelam jika memungkinkan.

Apple memiliki alasan khusus dalam mengembangkan fitur SOS darurat terbaru ini. Mereka menyatakan bahwa lebih dari 3.500 orang di Amerika Serikat meninggal setiap tahunnya karena tenggelam. Bahkan, tenggelam merupakan kecelakaan umum di urutan kelima.

Saat seseorang tenggelam, respons cepat sangat dibutuhkan. Dalam waktu 4 hingga 6 menit, orang yang tenggelam harus mendapatkan resusitasi. Jika tidak, kerusakan otak akan terjadi dan orang tersebut akan tewas di dalam air.

Melihat betapa gentingnya bahaya ini, Apple berusaha menciptakan solusi yang mampu menyelamatkan para perenang atau penyelam. Menurut Apple, fitur SOS darurat buatannya merupakan sistem pencegahan yang sederhana dan hemat biaya.

Sejauh ini, Apple Watch dapat mendeteksi dan merespons penggunanya yang terjatuh, tertabrak, atau mengalami gangguan jantung. Jika fitur SOS darurat ini disetujui, Apple Watch bisa menjadi perangkat wearable terbaik dengan banyak fitur berguna.