Perluasan Kolaborasi Microsoft dan Telkomsel untuk Tingkatkan Layanan Berbasis AI
Proses penandatanganan perluasan kerja sama Microsoft dan Telkomsel (Foto: Dok. Microsoft)

Bagikan:

JAKARTA - Telkomsel memperluas kemitraan strategisnya dengan Microsoft, guna memperkuat integrasi Azure AI ke dalam platform pelanggan dan bisnis Telkomsel serta meningkatkan ketersediaan jaringannya.

Ditandatangani dalam Mobile World Congress (MWC) 2024 di Barcelona, perluasan kerja sama ini akan membuka serta merealisasikan lebih banyak peluang dalam pemanfaatan teknologi AI bagi Indonesia.

“Melalui perluasan kolaborasi dengan Microsoft, memungkinkan kami untuk memperkuat kapabilitas AI di berbagai layanan yang kami tawarkan, sehingga dapat memberikan layanan yang lebih cerdas, efisien, dan inovatif bagi seluruh pelanggan,” kata Direktur Marketing Telkomsel, Derrick Heng, dikutip Minggu, 3 Maret.

Selain itu, dengan menerapkan teknologi terkini seperti Microsoft Azure AI ke dalam layanannya, Telkomsel bertujuan untuk memenuhi ragam kebutuhan pelanggan yang dinamis di era digital yang kian berkembang.

Melalui kolaborasi ini, Microsoft dan Telkomsel akan menghadirkan program pelatihan kecerdasan buatan (AI) untuk karyawan Telkomsel, mencakup pelatihan dalam penerapan AI for Sustainability dan AI for Startup.

Selain itu, Telkomsel juga akan merencanakan dan menerapkan lebih banyak teknologi Azure AI Services, termasuk Azure OpenAI Service, untuk menghadirkan solusi yang lebih inovatif dan personalisasi bagi para pelanggan.

“Kami senang dapat memperluas kolaborasi kami dengan Telkomsel untuk membuka serta merealisasikan lebih banyak peluang AI bagi Indonesia,” ujar Presiden Direktur Microsoft Indonesia, Dharma Simorangkir.