Bagikan:

JAKARTA - Microsoft mengumumkan bahwa Microsoft 365 Copilot kini sudah mendukung Bahasa Indonesia. Pengumuman ini menjadi bukti komitmen perusahaan untuk memungkinkan setiap pengguna di Indonesia bisa memanfaatkan kekuatan kecerdasan buatan (AI) nya. 

Ketersediaan Microsoft 365 Copilot dalam Bahasa Indonesia bertujuan untuk mempercepat pengadopsian AI di berbagai sektor di Indonesia, memberdayakan lebih banyak organisasi untuk menyederhanakan operasi mereka, dan mendukung proses pengambilan keputusan. 

Baik untuk menyusun proposal anggaran atau melakukan analisis pasar, kemampuan Microsoft 365 Copilot berbasis AI akan membuat tugas yang kompleks menjadi  lebih sederhana dan lebih mudah diakses oleh para profesional, dengan Bahasa Indonesia.

“Dengan Microsoft 365 Copilot yang kini mendukung Bahasa Indonesia, kami membuka peluang baru bagi organisasi untuk mentransformasi cara kerja, memungkinkan mereka untuk meningkatkan produktivitas, mengembangkan kreativitas, dan mendorong kualitas kerja, dengan proteksi tingkat enterprise serta praktik AI yang bertanggung jawab,” ujar Ricky Haryadi, Go-To-Market Lead, AI at Work & AI for Cybersecurity Microsoft ASEAN. 

Sebagai pengguna awal Microsoft 365 Copilot, Telkomsel, mengaku bahwa mereka telah merasakan peningkatan produktivitas yang signifikan sejak mengadopsi solusi ini. 

“Pengumuman kehadiran Microsoft 365 Copilot dalam Bahasa Indonesia hadir di masa krusial di mana organisasi dengan cepat mengadopsi solusi transformasi digital untuk tetap kompetitif,” kata Wira Manuara, Vice President IT Corporate Solutions dan Cloud CoE Telkomsel. 

Sementara itu, di divisi seperti Pemasaran, Keuangan, dan Manajemen Solusi Bisnis, tim Telkomsel mulai memanfaatkan Microsoft 365 Copilot untuk meningkatkan kecepatan dan kualitas dalam kegiatan operasi mereka sehari-hari, serta mencapai hasil optimal.

Di sisi lain, tim Manajemen Solusi Bisnis dapat memperoleh wawasan tentang perkembangan industri hanya dalam waktu 10 menit, dari yang tadinya 2 hari, dan menganalisis sentimen pelanggan dalam waktu 2 hari, dari yang tadinya 1 minggu. 

Sedangkan tim keuangan mampu menciptakan dokumentasi yang lebih detail – dengan 5 justifikasi dan dokumen pemrosesan tambahan. Mereka juga mampu menyusun dokumen teknis lainnya 3 kali lebih cepat.