InterGlobe dan Archer Aviation Rencanakan Layanan Taksi Udara Listrik di India pada 2026
Pesawat e-listrik "Midnight" ini dapat membawa empat penumpang (foto: twitter @adamgoldstein13)

Bagikan:

JAKARTA - InterGlobe Enterprises, yang mendukung maskapai penerbangan teratas India, IndiGo, bersama dengan Archer Aviation berencana untuk meluncurkan layanan taksi udara listrik di India pada 2026. Layanan ini diyakini akan "kompetitif secara harga" dengan layanan darat. Hal ini diumumkan oleh kedua perusahaan tersebut pada Kamis, 9 November.

Kerja sama ini, jika mendapatkan persetujuan regulasi, bertujuan untuk memanfaatkan kebutuhan yang semakin meningkat akan solusi transportasi di negara terpadat di dunia yang berjuang melawan kemacetan lalu lintas darat dan polusi di kota-kota utamanya.

Archer Aviation, yang didukung oleh perusahaan seperti Stellantis (induk Chrysler), Boeing, dan United Airlines, membuat pesawat lepas landas dan mendarat vertikal listrik (eVTOL) yang dianggap sebagai masa depan mobilitas udara perkotaan.

Pesawat e-listrik "Midnight" ini dapat membawa empat penumpang dan seorang pilot hingga 100 mil (sekitar 161 kilometer). Layanan ini bertujuan untuk memulai dengan 200 pesawat dan akan dimulai di Delhi, ibu kota nasional, Mumbai, ibu kota keuangan negara itu, dan Bengaluru, yang dikenal sebagai Silicon Valley India.

Kedua perusahaan mengatakan bahwa perjalanan yang biasanya memakan waktu 60 hingga 90 menit dengan mobil di Delhi, misalnya, akan memakan waktu sekitar 7 menit dengan taksi udara.

InterGlobe Enterprises, yang memiliki hampir 38% saham InterGlobe Aviation, induk IndiGo, serta bisnis perhotelan dan logistik, juga berencana untuk menggunakan pesawat e-listrik untuk layanan kargo, logistik, medis, darurat, dan sewa.

Archer Aviation mendapatkan kontrak senilai 142 juta dolar AS (Rp2,2 triliun) dari Angkatan Udara Amerika Serikat pada bulan Juli untuk menyediakan enam pesawat Midnight, dan mengumumkan pada bulan Oktober bahwa mereka akan meluncurkan layanan taksi udara di Uni Emirat Arab.