Pengawas Perbankan Uni Eropa Usulkan Aturan Baru untuk Pasar Stablecoin dan Aset Digital
Uni Eropa pada Rabu 8 November mengusulkan aturan baru stablecoin (foto: dok. pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Pengawas perbankan Uni Eropa pada Rabu 8 November mengusulkan bahwa mulai Juni nanti, penerbit stablecoin yang didukung oleh mata uang harus memiliki dana yang cukup untuk menebus investor sepenuhnya.

Blok tersebut tengah menerapkan seperangkat aturan komprehensif pertama di dunia untuk pasar mata uang kripto dan stablecoin.  Otoritas Perbankan Eropa (EBA) juga mengusulkan persyaratan modal dan likuiditas minimum untuk penerbit stablecoin dan jenis token digital lainnya.

EBA meluncurkan konsultasi publik tentang persyaratan likuiditas untuk cadangan aset yang mendukung stablecoin, yang berarti hanya aset yang memenuhi syarat dengan kualitas yang cukup tinggi yang dapat digunakan.

Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa aset dapat dijual dengan cepat untuk mendapatkan uang tunai guna membayar penebusan bahkan di pasar yang tertekan, hal ini penting untuk menghentikan "run" dan penyebaran dalam krisis.

EBA mengatakan bahwa penerbit stablecoin yang didukung oleh mata uang harus dapat menawarkan penebusan penuh kepada investor.

Stablecoin yang didukung oleh aset seperti emas, hanya perlu menawarkan penebusan dengan harga pasar yang berlaku untuk aset pada saat penebusan.

"Setelah penerapan pedoman, pengawas dapat memperkuat persyaratan likuiditas dari penerbit terkait untuk menutup risiko tersebut berdasarkan hasil pengujian stres likuiditas," kata EBA dalam sebuah pernyataan, yang dikutip VOI dari Reuters.

Bank mungkin dibebaskan dari persyaratan likuiditas dalam beberapa kasus, mengingat bahwa mereka sudah memegang buffer likuiditas di bawah aturan modal dan likuiditas bank UE yang ada.

Aturan likuiditas yang diusulkan memastikan bahwa penerbit stablecoin, yang dapat menjadi lembaga non-bank, memenuhi perlindungan yang sama, dan juga menghindari keuntungan modal atau likuiditas yang tidak adil dibandingkan dengan bank.

Semua usulan tersebut telah disampaikan untuk konsultasi publik selama tiga bulan, dengan dengar pendapat publik pada tanggal 30 Januari.

Awal minggu ini, regulator keuangan Britania Raya mengusulkan aturan awal untuk mengatur stablecoin dalam tahap pertama peraturan Inggris untuk sektor kripto.