CEO Apple, Tim Cook, Raih Laba Rp647 Miliar dari Penjualan Saham Terbesarnya dalam 2 Tahun
CEO Apple, dapat cuan setelah jual saham di Apple (foto: twitter @tim_cook)

Bagikan:

JAKARTA - CEO Apple, Tim Cook, berhasil meraup keuntungan sebesar 41,5 juta dolar AS (Rp647 miliar) setelah pajak dalam penjualan saham terbesarnya dalam dua tahun terakhir. Laporan ini terlihat dalam pengajuan sekuritas AS.

Cook menjual 511.000 saham, yang bernilai sekitar 87,8 juta dolar AS (Rp1,3 triliun) sebelum memperhitungkan pajak, sesuai dengan pengajuan yang tanggal pada Selasa, 3 Oktober. Dia telah menghasilkan 355 juta dolar AS (Rp5,5 triliun) dari penjualan saham pada Agustus 2021.

CEO Apple ini saat ini memiliki sekitar 3,3 juta saham senilai sekitar 565 juta dolar AS (Rp8,8 triliun) setelah penjualan tersebut, seperti yang terlihat dalam pengajuan tersebut.

Saham perusahaan tersebut telah turun 13% dari rekor tertinggi mereka sebesar 198,23 dolar pada bulan Juli karena investor khawatir tentang pemulihan permintaan smartphone yang lebih lambat dari yang diharapkan.

Apple meluncurkan lini iPhone 15 baru mereka bulan lalu tanpa menaikkan harga, tindakan yang oleh beberapa pengamat industri dikatakan sebagai respons terhadap penurunan global pada penjualan smartphone.

Saham perusahaan berbasis di Cupertino, California, turun 0,6% dalam penutupan perdagangan.

Analisis di KeyBanc menurunkan peringkat saham tersebut menjadi "berbobot sektor" dari "berlebihan" pada Rabu karena khawatir pertumbuhan penjualan di Amerika Serikat - segmen geografis terbesar Apple - kemungkinan akan melambat kembali pada kuartal keempat.

Broker ini mencatat bahwa lebih sedikit pengguna ponsel di Amerika Serikat yang kemungkinan akan meningkatkan perangkat mereka karena mereka menghadapi inflasi tinggi.

Sebuah laporan dari firma riset Canalys menunjukkan bahwa pengiriman smartphone di Amerika Utara diperkirakan akan turun 12% pada tahun 2023.