Apple Luncurkan Rencananya untuk Masuki Metaverse, Sahamnya Langsung Meroket
Tim Cook bersama salah satu karyawan Apple.(foto: twitter @tim_cook)

Bagikan:

JAKARTA - Apple Inc mulai menggoda ambisinya metaverse pada  Kamis 27 Januari, ketika CEO Apple, Tim Cook, berbicara tentang perluasan aplikasi augmented reality perusahaan guna  mendorong respons investor yang kuat.

Perusahaan memiliki 14.000 aplikasi AR di App Store-nya, dan Cook menyarankan jumlah ini akan meningkat dengan investasi lebih lanjut.

"Kami melihat banyak potensi di ruang ini dan berinvestasi sesuai dengan itu," kata Cook, menanggapi pertanyaan tentang rencananya untuk metaverse, istilah luas yang umumnya mengacu pada lingkungan dunia maya bersama yang dapat diakses orang melalui internet.

Analis Apple Ming-Chi Kuo dan Bloomberg telah melaporkan Apple berencana untuk memperkenalkan headset AR pada tahun ini atau tahun depan  yang selanjutnya akan diikuti model kacamata. Apple belum secara terbuka mengakui rencana ini.

Komentar Cook pada  Kamis, dan perkiraan laba dan penjualan kuartalan, telah membantu mendorong saham Apple naik hampir 5% dalam perdagangan setelah jam kerja.

Dilaporkan oleh Reuters, pendapatan layanan Apple juga melonjak 24% menjadi  19,5 miliar dolar AS pada kuartal liburan yang baru saja berakhir. Pendapatan ini, melampaui perkiraan analis sebesar  18,6 miliar dolar AS.

Mereka juga telah menambahkan 785 juta pelanggan ke beberapa layanan berbayar seperti untuk streaming musik dan bermain gim, yang meningkat dari 620 juta tahun lalu dan 745 juta pada kuartal terakhir.

Cook secara terpisah pada  Kamis lalu, mengatakan bahwa upaya penelitian dan pengembangan Apple difokuskan pada persimpangan perangkat keras, perangkat lunak, dan layanan.

"Di situlah keajaiban benar-benar terjadi," kata Cook. "Ada cukup banyak investasi yang masuk ke hal-hal yang tidak ada di pasar saat ini."

Perangkat AR dapat membuka banyak peluang untuk menumbuhkan langganan. Penawaran yang ada untuk latihan kebugaran dan konten video dapat menjadi lebih menarik melalui pengalaman AR yang imersif.

Seiring dengan pertumbuhan layanan dan pelanggan, margin laba kotor Apple melonjak di atas 40%, menarik pujian dari para analis.

Layanan terkait Metaverse, seperti aplikasi AR, dapat membalikkan campuran pendapatan Apple, kata analis Neil Shah dari Counterpoint Research.

"Ada keuntungan signifikan untuk bisnis layanan Apple yang berpotensi melintasi iPhone dalam lima tahun ke depan," kata Shah.