Bagikan:

JAKARTA - Google mulai meluncurkan fitur baru ke Google Voice, yang akan memperingatkan pengguna jika terdapat pesan yang dicurigai sebagai spam. 

"Perlindungan spam yang ditingkatkan melalui pelabelan otomatis pada pesan yang dicurigai sebagai spam di Google Voice," tulis Google dalam pembaruan di blog Workspace resminya belum lama ini. 

Jadi, jika Anda menggunakan Google Voice, Anda akan mengetahui peringatan Google bertuliskan "suspected spam" terhadap nomor yang diduga sebagai penelepon spam. 

Awalnya, fitur ini hanya berfungsi untuk panggilan suara saja, tapi Google sekarang telah memperluas fitur ini ke pesan SMS di perangkat Android dan iOS. 

Menurut catatan yang ada, Anda akan dapat melakukan dua hal ini ketika Anda melihat label "suspected spam":

  • Konfirmasikan pesan yang dicurigai sebagai spam, yang menyebabkan pesan berikutnya dari nomor tersebut langsung masuk ke folder spam. 
  • Tandai pesan berlabel sebagai bukan spam, setelah itu label yang dicurigai sebagai spam tidak akan pernah ditampilkan lagi untuk nomor tersebut. 

Fitur ini sudah tersedia sekarang untuk pelanggan Voice Starter, Standard, dan Premier, serta pengguna dengan akun pribadi di Amerika Serikat (AS), dan akan diperluas secara bertahap. 

Sementara itu, pembaruan lainnya adalah di Google Kontak dan berbagai produk Google Workspace, Anda akan mulai melihat dekorasi ulang tahun saat mengarahkan kursor ke kartu kontak pengguna lain. 

"Dekorasi ulang tahun akan ditampilkan pada hari ulang tahun Anda jika Anda telah menambahkan tanggal lahir Anda ke profil Akun Google Anda dan Anda telah mengatur informasinya agar dapat dilihat oleh orang lain," jelas Google. 

Tampilan dekorasi ulang tahun ini sudah tersedia untuk semua pelanggan Google Workspace dan pengguna dengan Akun Google pribadi.