Lima Penipuan Ini Wajib Anda Hindari Selama Musim Liburan Tahun Baru
Lima penipuan yang harus diwaspadai selama liburan akhir tahun (foto: Google)

Bagikan:

JAKARTA - Menjelang akhir tahun, sudah banyak orang yang mempersiapkan diri untuk liburan. Menurut Google, penipu dunia maya sangat gigih pada saat-saat terbaik, dan musim liburan akan membuatnya lebih ekstrem. 

"Kami melindungi pengguna Gmail dari hampir 15 miliar pesan yang tidak diinginkan setiap hari, memblokir lebih dari 99,9% spam, phishing, dan malware," tulis Nelson Bradley, Manajer, Kepercayaan & Keamanan Google Workspace dalam blog Google. 

Menurutnya, aktor jahat tidak melambat selama musim liburan. Dalam dua minggu terakhir, Google telah memblokir lebih dari 231 miliar pesan spam dan phishing, 10% lebih tinggi dari volume rata-rata.

Jadi, untuk membantu Anda lebih waspada di musim liburan ini, berikut ini adalah jenis-jenis email dan tanda bahaya yang harus diwaspadai:

Kartu hadiah dan hadiah

Pada tanggal-tanggal tertentu, banyak layanan yang memberikan penawaran spesial atau bahkan memberikan giveaway. Nah, karena itu, banyak penipu mungkin mencoba mengelabui Anda dengan mengatakan bahwa Anda memenangkan hadiah spesial. Jadi, Anda harus tetap waspada dan cek kembali kebenarannya. 

Amal

Google menemukan penipuan terkait amal dan upaya phishing menjadi lebih buruk sepanjang tahun ini, dan merugikan korban penipuan maupun badan amal yang akan mendapat manfaat dari pemberian tersebut. 

Baik itu badan amal yang terkait dengan topik berita, atau organisasi dengan nama yang tidak asing, waspadai siapa pun yang meminta Anda untuk menghubungi mereka melalui email pribadi atau mengirimkan uang kepada mereka secara langsung.

Penargetan demografis

Beberapa penipuan yang paling bahaya adalah adalah penipuan yang ditargetkan secara khusus untuk Anda. Mungkin penjahat tersebut mengetahui nomor Anda dan berniat menipu. Jadi, tetap waspadai pesan atau telepon dari orang tertentu yang mungkin datang dari orang yang tidak asing untuk Anda. 

Pembaruan langganan

Saat mendekati akhir tahun, penipuan pembaruan langganan dapat melonjak. Versi yang sangat tidak diinginkan dari layanan email spoof antivirus ini, yang memikat korban dengan janji peningkatan keamanan. 

Meskipun beberapa scammer dapat membuat pesan mereka terlihat sangat meyakinkan, selalu pastikan untuk memeriksa email pengirimnya. Jika terlihat off, mungkin penipuan.

Penipuan kripto

Karena tren kripto yang sangat tinggi saat ini,  penipuan berbasis kripto dapat merajalela sepanjang tahun ini. Variasi umum dari penipuan ini menggunakan dompet mata uang kripto untuk menagih pembayaran dan sering mencoba memeras dana dari korban melalui ancaman. 

Perhatikan beberapa tanda untuk mengidentifikasi bahwa itu penipuan, antara lain adalah adanya kesalahan ketik, alamat email yang tampak salah, atau permintaan pembayaran.