Bagikan:

JAKARTA - Google telah mengumumkan bahwa mereka kini akan menampilkan label merah bertuliskan Suspected spam caller pada panggilan yang diyakini sebagai spam di Google Voice. 

"Untuk membantu melindungi Anda dari panggilan yang tidak diinginkan dan penipuan yang berpotensi berbahaya, Google Voice menampilkan label Suspected spam caller pada semua panggilan yang diyakini Google sebagai spam," kata pengumuman yang dibagikan pada Kamis, 29 Desember. 

Postingan blog tersebut juga menyebutkan di mana raksasa pencarian itu sedang mencoba mengidentifikasi panggilan spam dengan menggunakan kecerdasan buatan yang canggih.

"Google membuat keputusan ini menggunakan kecerdasan buatan canggih yang sama yang mengidentifikasi miliaran panggilan spam setiap bulan di seluruh ekosistem panggilan Google," tambahnya. 

Jika label baru tersebut muncul di layar panggilan masuk dan di riwayat panggilan Anda, Anda memiliki opsi untuk mengonfirmasi bahwa itu panggilan spam atau bukan. 

Jika dikonfirmasi sebagai panggilan yang dicurigai sebagai spam, panggilan di masa mendatang dari nomor tersebut langsung masuk ke pesan suara dan entri riwayat panggilan dimasukkan ke dalam folder spam. 

Atau Anda juga dapat menandai panggilan berlabel sebagai bukan spam, setelah itu label yang dicurigai sebagai spam tidak akan pernah ditampilkan lagi untuk nomor tersebut. 

Pelabelan spam yang dicurigai akan muncul secara otomatis saat setelan Filter spam suara diaktifkan dengan membuka Settings > Security > Filter spam

Saat pemfilteran spam aktif, semua panggilan yang diidentifikasi Google sebagai spam secara otomatis dikirim ke pesan suara, dan entri panggilan dimasukkan ke dalam folder spam. 

Fitur ini sudah mulai diluncurkan pada 29 Desember 2022 untuk semua pelanggan Google Voice.