<i>Bug</i> di Google Calendar Hadirkan Acara Tak Jelas Setiap Hari
Ilustrasi Google calendar tampilkan penanda acara tidak jelas (foto: unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Beberapa hari lalu Google Calendar dikabarkan mengalami bug, di mana kalender membuat penanda acara acak dari pesan yang ada di Gmail. 

Kabar ini disampaikan pertama kali oleh 9to5google, di mana beberapa pengguna menyampaikan keluhannya di Twitter tentang bug yang terjadi. 

Menurut keluhan yang ada, Google Calendar menampilkan acara setiap harinya yang dibuat secara acak berdasarkan pesan Gmail yang tidak selalu terkait dengan acara tertentu. 

Meskipun tidak ada pola yang jelas dengan bug ini, tampaknya email dengan menyebutkan tanggal tertentu dapat menjadi salah satu pemicunya.

Namun, berbagai jenis email termasuk pemberitahuan pengiriman, tanda terima pembelian, dan buletin tampaknya muncul sebagai acara kalender sepanjang hari.

Penyebab pastinya belum diketahui, saat menanggapi pengguna yang mengeluh di Twitter, Google juga tidak mengungkapkan dengan jelas apa yang terjadi. 

Tetapi, perbaikannya seharusnya cukup sederhana. Pergi pengaturan Google Calendar di bawah Pengaturan > Acara dari Gmail, itu akan menghentikan pembuatan acara ini saat mematikan kotak centang untuk "Tambahkan acara secara otomatis dari Gmail ke kalender saya". 

Cara perbaikan ini sebelumnya juga telah digunakan untuk menghentikan undangan spam yang muncul di tahun 2019.