Bagikan:

JAKARTA - Google menghadirkan perubahan kecil pada Gmail di web, dengan menambahkan lebih banyak ikon ke menu yang membantu navigasi pengguna dan menjadikannya lebih menarik. 

Sebelumnya, jika Anda membuka tanda tiga titik di badan email, maka Gmail akan menampilkan menu untuk melakukan banyak tindakan, mulai dari Balas, Teruskan, Print, dan lain sebagainya. 

Namun, sebelum pembaruan, Anda hanya akan melihat ikon pada opsi Balas dan Teruskan saja. Nah, dengan pembaruan ini, semua opsi tindakan kini memiliki ikonnya masing-masing. 

Semua tindakan, termasuk Filter pesan seperti ini, Cetak, Hapus pesan ini, Blokir, Laporkan spam, Laporkan phishing, Tampilkan yang asli, Terjemahkan pesan, Unduh pesan, Tandai sebagai belum dibaca. 

Berdasarkan pantauan VOI, pembaruan ikon ini tampaknya sudah diluncurkan ke semua pengguna Gmail jika membukanya melalui web. Tapi, jika Anda tidak melihat ikon ini, segarkan aplikasi web Gmail. 

Penambahan ini mengikuti dorongan serupa di Google Docs tahun lalu untuk menambahkan ikon, serta mengatur ulang menu menjadi lebih pendek.

Di sisi lain, Google juga telah mengumumkan bahwa mereka akan menghadirkan reaksi emoji ke Gmail, yang disebut bisa digunakan untuk mengekspresikan perasaan pengguna dengan cepat. 

Dengan reaksi emoji baru di Gmail ini, raksasa penelusuran itu mengatakan bahwa Anda dapat dengan cepat mengekspresikan diri, hanya dalam satu klik saja. 

Jadi, mulai bulan ini, siapa pun yang memiliki akun Gmail pribadi akan melihat ikon wajah tersenyum muncul di bawah pesan mereka pada perangkat seluler dan desktop.