Bagikan:

JAKARTA - Hakim Pengadilan Distrik Amerika Serikat, Beryl A. Howell, memutuskan pada Jumat 18 Agustus bahwa karya seni yang dihasilkan oleh kecerdasan buatan (AI) tidak dapat di-copyright, seperti yang dilaporkan oleh The Hollywood Reporter.

Hakim ini memimpin persidangan terhadap Kantor Hak Cipta Amerika Serikat setelah kantor tersebut menolak memberikan hak cipta kepada Stephen Thaler atas gambar yang dihasilkan oleh algoritma Creativity Machine yang ia ciptakan.

Thaler telah mencoba berkali-kali untuk mendapatkan hak cipta atas gambar tersebut "sebagai karya untuk pemilik Creativity Machine," yang akan mencantumkan penulis sebagai pencipta karya dan Thaler sebagai pemilik karya seni, tetapi dia terus ditolak.

Setelah penolakan terakhir kantor tersebut tahun lalu, Thaler menggugat Kantor Hak Cipta, dengan klaim bahwa penolakan tersebut "sebagai sesuatu yang sewenang-wenang, tidak terduga... dan tidak sesuai dengan hukum," tetapi Hakim Howell tidak melihatnya demikian.

Dalam keputusannya, Hakim Howell menulis bahwa hak cipta tidak pernah diberikan kepada karya yang dibuat "tanpa campur tangan manusia yang membimbing," dan menambahkan bahwa "kepenulisan manusia adalah prasyarat utama dari hak cipta."

Hal ini telah terbukti dalam kasus-kasus sebelumnya yang dikutip oleh hakim, seperti kasus tentang foto selfie monyet. Sebagai perbandingan, Hakim Howell mencatat kasus di mana seorang wanita menggabungkan buku dari buku catatan yang telah diisinya dengan "kata-kata yang ia yakini didikte kepada dirinya" oleh "suara" gaib, yang pantas mendapatkan hak cipta.

Namun, Hakim Howell mengakui bahwa manusia sedang "mendekati medan baru dalam hak cipta," di mana seniman akan menggunakan AI sebagai alat untuk menciptakan karya baru. Ia menulis bahwa ini akan menciptakan "pertanyaan yang menantang mengenai seberapa besar input manusia yang diperlukan" untuk meng-copyright karya seni yang dihasilkan AI, dengan mencatat bahwa model AI sering dilatih dengan karya yang sudah ada sebelumnya.

Stephen Thaler berencana untuk mengajukan banding atas kasus ini. Pengacaranya, Ryan Abbot dari Brown Neri Smith & Khan LLP, mengatakan, "Kami dengan hormat tidak setuju dengan interpretasi pengadilan terhadap Undang-Undang Hak Cipta," menurut Bloomberg Law, yang juga melaporkan pernyataan Kantor Hak Cipta Amerika Serikat yang menyatakan bahwa mereka percaya keputusan pengadilan adalah yang tepat.

Tidak ada yang benar-benar tahu bagaimana hukum hak cipta AS akan berkembang dalam konteks kecerdasan buatan, tetapi kasus-kasus di pengadilan terus bertambah.

Sarah Silverman dan dua penulis lain mengajukan gugatan terhadap OpenAI dan Meta pada awal tahun ini terkait praktik pengambilan data oleh model-model mereka, sementara gugatan lain oleh programmer dan pengacara Matthew Butterick mengklaim bahwa pengambilan data oleh Microsoft, GitHub, dan OpenAI merupakan tindakan pembajakan perangkat lunak.