Bagikan:

JAKARTA - Pemasok mobil Jerman, Bosch, akan menginvestasikan hampir 2,5 miliar euro (Rp42,5 triliun) dalam teknologi sel bahan bakar hidrogen dari tahun 2021 hingga 2026. Mereka berharap dapat menghasilkan penjualan sekitar 5 miliar euro (Rp85 triliun) dari proyek itu pada tahun 2030. Hal ini dikatakan oleh juru bicara perusahaan tersebut pada Kamis, 13 Juli.

Menurut pernyataan itu, investasi yang direncanakan ini lebih besar satu miliar euro dibandingkan dengan rencana investasi sebelumnya untuk periode 2021-2024.

Kendaraan dengan sel bahan bakar hidrogen, di mana hidrogen bercampur dengan oksigen untuk menghasilkan air dan energi untuk menggerakkan baterai, dapat mengisi bahan bakar dalam hitungan menit dan memiliki jangkauan yang jauh lebih panjang daripada kendaraan listrik baterai, tetapi infrastruktur yang memadai masih kurang dan dianggap masih kurang efisien secara energi.

Bosch memperkirakan bahwa pada tahun 2030, satu dari lima truk baru dengan berat enam ton atau lebih akan menggunakan tenaga sel bahan bakar hidrogen.

"Perusahaan Bosch tumbuh dengan hidrogen," kata CEO Bosch, Stefan Hartung, dikutip Reuters.

Bosch mengatakan produksi modul daya sel bahan bakar mereka - sebuah sistem sel bahan bakar yang menghasilkan listrik dalam kendaraan dari hidrogen, yang utamanya digunakan dalam aplikasi komersial jarak jauh - telah dimulai di pabrik Stuttgart-Feuerbach mereka di Jerman dan di Chongqing, China.

Nikola Corporation akan menjadi pelanggan percontohan dari modul yang dibuat di Stuttgart-Feuerbach, dengan truk listrik hidrogen kelas 8 akan masuk ke pasar Amerika Utara pada kuartal ketiga 2023.

Daimler Truck  juga berencana untuk menghadirkan truk hidrogen ke pasar pada paruh kedua dekade ini, dengan membentuk usaha patungan dengan Volvo,  untuk mengembangkan teknologi nol-emisi.

Produsen mobil Stellantis mengatakan tahun ini bahwa mereka akan memulai pengiriman di Eropa dari van ukuran menengah pertama mereka yang menggunakan sel bahan bakar hidrogen pada akhir 2021.

Sebaliknya, anak perusahaan Volkswagen, Traton, fokus secara eksklusif pada pengembangan mobil listrik baterai.