Universal Hydrogen Mulai Uji Coba Pesawat Penumpang Bertenaga Hidrogen  
Pesawat jenis DASH 8 akan dimodifikasi menggunakan tenaga hidrogen. (foto: Kevin Kacker/Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Penerbangan nol-emisi bertenaga hidrogen akan siap lepas landas dari Danau Moses di Pusat Washington. Sebuah proyek baru yang ambisius bertujuan untuk memodifikasi pesawat turboprop regional kecil di sana untuk terbang dengan bahan bakar hidrogen. Ini juga, menguji dan mensertifikasi mereka untuk mengangkut penumpang, dan berpotensi menawarkan solusi jangka panjang untuk emisi karbon penerbangan dengan menunjukkan bahwa penerbangan hidrogen layak secara ekonomi.

Startup Universal Hydrogen yang berbasis di Los Angeles, dipimpin oleh Paul Eremenko, mantan chief technology officer dan visioner energi bersih terkemuka di Airbus dan United Technologies, sedang mengembangkan teknologi untuk retrofit pesawat turboprop berukuran sedang agar berjalan dengan hidrogen.

Bermitra dengan Universal Hydrogen adalah perusahaan teknik dan sertifikasi kedirgantaraan AeroTEC dari Seattle, perusahaan motor listrik MagniX dari Everett dan Plug Power yang berbasis di New York, yang memiliki fasilitas sel bahan bakar hidrogen di Spokane.

"Tujuan kami adalah untuk mendapatkan kursi di penerbangan komersial yang menghasilkan pendapatan secepat mungkin,” kata Eremenko dalam sebuah wawancara. Ia , menambahkan bahwa dirinya mengantisipasi  untuk mencapai sertifikasi Administrasi Penerbangan Federal pada tahun 2025.

Teknologi Menantang

Pesawat pertama untuk retrofit ini adalah pesawat turboprop De Havilland Canada DHC-8, umumnya dikenal sebagai Dash 8. Versi yang akan diubah bukanlah model yang lebih besar yang diterbangkan secara lokal oleh Alaska Airlines tetapi yang lebih kecil yang biasanya dapat menampung sekitar 50 penumpang.

Perusahaan berencana membongkar 10 kursi guna menampung kapsul besar penuh hidrogen yang akan menjadi bahan bakar pesawat, serta mengurangi kapasitas penumpang menjadi sekitar 40 orang saja.

Nantinya, proyek tersebut akan melakukan modifikasi yang sama untuk ATR 72 turboprop, dengan pengurangan tempat duduk menjadi sekitar 58 penumpang pasca konversi. Teknologi yang mereka kembangkan ini sangat kompleks dan membutuhkan inovasi.

Universal Hydrogen mengusulkan untuk menyiapkan infrastruktur logistik yang luas untuk mengirim ke bandara paket kembar kapsul hidrogen berdiameter 3 kaki sepanjang 7 kaki yang dapat dimuat dan dibongkar dengan cepat.

Plug Power, yang saat ini membangun sel bahan bakar hidrogen berbasis darat yang menghasilkan listrik dari hidrogen, harus mengembangkan sel bahan bakar yang jauh lebih ringan yang dapat memenuhi standar keselamatan pesawat.

MagniX akan membangun motor yang menggunakan listrik untuk memutar baling-baling. Ini telah membangun motor serupa untuk prototipe pesawat listrik bertenaga baterai.

Guna menghubungkan semua ini bersama-sama, Hidrogen Universal, harus mengintegrasikan semua peralatan tambahan yang membungkus sel bahan bakar dan motor listrik, termasuk algoritme kontrol elektronik untuk seluruh sistem serta kompresor, pelembab udara, dan sistem pendingin untuk sel bahan bakar dan motor. Mereka juga menyiapkan baterai cadangan untuk mengantisipasi segala sesuatu.