Airbus Bakal Uji Coba Mesin Berbahan Bakar Hidrogen pada Jet A380
Ilustrasi Airbus hydrogen. (Sumber: Airbus)

Bagikan:

JAKARTA - Airbus baru saja selangkah lebih dekat untuk meluncurkan pesawat komersial tanpa emisi pertama di dunia pada tahun 2035.

Pembuat pesawat Prancis telah mengumumkan rencana untuk menguji teknologi bahan bakar hidrogen, menggunakan versi modifikasi dari salah satu pesawat jet A380-nya, yang dihentikan tahun lalu.

Airbus telah bermitra dengan CFM International, perusahaan patungan antara GE dan Safran Aircraft Engines, dalam program demonstrasi hidrogen yang sangat signifikan.

Pabrikan pesawat akan menggunakan "tempat uji terbang A380 yang dilengkapi dengan tangki hidrogen cair", untuk menguji coba teknologi propulsi untuk pesawat hidrogen masa depan.

"Ambisi kami adalah untuk mengambil pesawat (A380) ini dan menambahkan rintisan di antara pintu belakang di tingkat atas," kata Glenn Llewellyn, wakil presiden untuk pesawat tanpa emisi di Airbus, dalam sebuah video yang diposting di saluran YouTube Airbus, seperti mengutip CNN 25 Februari.

"Ringanan itu akan memiliki turbin gas bertenaga hidrogen di ujungnya," sambungnya.

Dia melanjutkan, pesawat akan dilengkapi dengan penyimpanan hidrogen dan distribusi hidrogen, yang akan memberi makan mesinnya dengan unsur kimia.

ilustrasi airbus
Ilustrasi Airbus hydrogen. (Sumber: Airbus)

Menurut Llewellyn, tujuan dari 'laboratorium penerbangan' adalah untuk mempelajari lebih lanjut, tentang sistem propulsi hidrogen di lapangan dan kondisi penerbangan yang sebenarnya, sehingga memungkinkan Airbus untuk melanjutkan rencananya untuk pesawat tanpa emisi hanya dalam waktu satu dekade.

Penerbangan uji saat ini diperkirakan akan berlangsung pada tahun 2026, asalkan semuanya berjalan sesuai rencana. Berita itu muncul lebih dari setahun setelah Airbus meluncurkan tiga konsep berbasis hidrogen di bawah bendera ZEROe.

"Ini adalah langkah paling signifikan yang dilakukan di Airbus, untuk mengantarkan era baru penerbangan bertenaga hidrogen sejak peluncuran konsep ZEROe kami pada September 2020," Sabine Klauke, chief technical officer untuk Airbus, mengatakan dalam sebuah pernyataan.

"Dengan memanfaatkan keahlian produsen mesin Amerika dan Eropa untuk membuat kemajuan dalam teknologi pembakaran hidrogen, kemitraan internasional ini mengirimkan pesan yang jelas, industri kami berkomitmen untuk mewujudkan penerbangan tanpa emisi," sambungnya.

Diketahui, penerbangan menghasilkan 2,8 persen emisi CO2 global, dan konsumsi bahan bakar global oleh maskapai komersial mencapai 95 miliar galon pada 2019.

Sementara itu, industri penerbangan global telah berjanji untuk memangkas emisi menjadi setengah dari tingkat 2005 mereka pada tahun 2050.

ilustrasi airbus
Ilustrasi Airbus hydrogen. (Sumber: Airbus)

Sejumlah maskapai penerbangan bergerak menuju bahan bakar penerbangan berkelanjutan (sustainable avturtion fuel/SAF), untuk membantu mengurangi dampak lingkungan dari penerbangan, dengan perusahaan induk British Airways IAG mengungkapkan rencana untuk memberi daya 10 persen dari penerbangannya dengan SAF pada tahun 2030, dan United Airlines menyelesaikannya penerbangan pertama yang berhasil dengan 100 persen bahan bakar berkelanjutan tahun lalu.

Namun, Airbus 'melindungi taruhannya' pada hidrogen, yang berpotensi mengurangi emisi karbon penerbangan hingga 50 persen, menurut produsen pesawat.

"Saya sangat yakin bahwa penggunaan hidrogen, baik dalam bahan bakar sintetis maupun sebagai sumber daya utama untuk pesawat komersial, berpotensi mengurangi dampak iklim penerbangan secara signifikan," terang Guillaume Faury, kepala eksekutif Airbus.

Terpisah, untuk diketahui perusahaan penerbangan ZeroAvia saat ini sedang mengembangkan pesawat berkapasitas 19 tempat duduk, yang akan mengoperasikan penerbangan komersial hidrogen-listrik antara London dan Rotterdam mulai tahun 2024.