Pelanggan Melonjak dan Pesanan Pesawat Baru Belum Datang, Lufthansa Operasionalkan Kembali Superjumbo A380
Armada Airbus A380 Lufthansa. (Wikimedia Commons/TJDarmstadt)

Bagikan:

JAKARTA - Siapa yang tidak kenal dengan pesawat superjumbo Airbus A380? Superjumbo A380 dicintai di kalangan penggemar penerbangan, berkat interiornya yang luas, ukurannya yang besar dan pengalaman penerbangan yang tenang.

Tetapi, hari-harinya telah ditentukan sejak Airbus mengumumkan pada tahun 2019 bahwa mereka menghentikan produksi pesawat tersebut. Mahal untuk dijalankan, kematian pesawat penumpang terbesar di dunia tampaknya dipercepat oleh kemerosotan perjalanan pandemi COVID-19.

Tetapi, sekarang maskapai penerbangan Jerman Lufthansa, yang telah menjual A380 yang dikandangkan dan dipahami akan mempensiunkan pesawat dari armadanya - telah mengumumkan rencana untuk memindahkan pesawat besar itu mulai musim panas 2023.

Dalam sebuah pernyataan yang dirilis bulan lalu, Lufthansa mengatakan pesawat itu kembali "sebagai tanggapan atas kenaikan tajam dalam permintaan pelanggan dan keterlambatan pengiriman pesawat yang dipesan," mencatat A380 tetap populer di kalangan awaknya, serta penumpang, melansir CNN Travel 28 Juni.

Lufthansa telah menjual enam A380-nya selama beberapa tahun terakhir. Namun, maskapai ini masih memiliki delapan superjumbo yang tersisa di armadanya. Pesawat-pesawat ini saat ini berada dalam "penyimpanan dalam" di Spanyol dan Prancis.

Kendati demikian, maskapai berbendera Jerman itu mengatakan masih menilai berapa banyak A380 yang akan diaktifkan kembali, dan mencari tahu rute apa yang mungkin mereka gunakan.

airbus a380 lufthansa
Armada Airbus A380 Lufthansa. (Wikimedia Commons/KIbicArki1929)

Biasanya maskapai penerbangan menggunakan superjumbo pada rute jarak jauh yang populer. Ukuran pesawat membuat mereka mahal untuk dijalankan, sehingga harus ada permintaan untuk membenarkannya.

Sementara dalam beberapa tahun terakhir A380 tampaknya akan keluar, keputusan Lufthansa menunjukkan bahwa A380 belum dimasukkan ke dalam buku-buku sejarah dulu.

Selain Lufthansa, armada superjumbo juga tetap berada di armada Singapore Airlines, Emirates, Qantas, Qatar Airways, Korean Air, All Nippon Airways dan British Airways.

Setelah pengiriman A380 terakhir pada Desember 2021, presiden Emirates Tim Clark mengatakan itu akan "tetap menjadi produk andalan Emirates untuk tahun-tahun mendatang."

Sementara itu, Singapore Airlines mengakui daya tarik penumpang dari superjumbo ketika mengumumkan rencana untuk mengembalikan pesawat tahun lalu. "Beberapa orang hanya memesan A380 khusus untuk terbang di atasnya," terang Siva Govindasamy, kepala urusan publik global Singapore Airlines, kepada CNN Travel.

Diketahui, awal tahun ini, sebuah Airbus A380 juga menyelesaikan uji terbang yang ditenagai oleh Bahan Bakar Penerbangan Berkelanjutan, atau SAF, sejenis bahan bakar yang sebagian besar terbuat dari minyak goreng bekas dan lemak buangan, dan beroperasi pada satu mesin Rolls-Royce Trent 900.