Fitur Baru Gmail Kini Mempermudah Anda Menjadwalkan Rapat Langsung Tanpa Aplikasi Tambahan
Tampilan fitur penjadwalan baru Gmail (foto: Google)

Bagikan:

JAKARTA - Google meluncurkan fitur baru ke layanan Gmail, yang memungkinkan Anda untuk menjadwalkan pertemuan baik online maupun offline, sesuai dengan jadwal kosong antara kedua belah pihak. 

Biasanya, Anda mungkin mengatur jadwal pertemuan menggunakan aplikasi tambahan seperti Calendly, atau Google Calendar Tapi sekarang, Google mulai meluncurkan kemampuan tersebut ke Gmail.

“Kami menambahkan fitur ke Gmail yang membantu Anda menemukan waktu rapat 1:1 yang nyaman dengan orang lain dengan lebih cepat. Ini sangat berguna saat menjadwalkan waktu dengan pelanggan, mitra, atau orang di organisasi Anda yang Google Kalendernya tidak terlihat oleh Anda,” tulis Google dalam pengumumannya pada Selasa, 11 Juli lalu.

Fitur ini akan diluncurkan secara bertahap mulai 11 Juli. Nantinya, jika Anda menulis email, Anda akan melihat ikon Kalender baru dengan semua tindakan terkait penjadwalan yang sering Anda lihat di Google Calendar.

Adapun kemampuan fitur baru ini adalah memungkinkan Anda untuk:

Menentukan waktu senggang:  Opsi ini akan membuka kalender Anda di sebelah kanan. Kemudian, Anda dapat memilih dan mengusulkan waktu rapat ketika Anda senggang langsung, tanpa harus meninggalkan Gmail. 

Penerima email kemudian dapat meninjau waktu yang diusulkan dan memilih salah satu langsung dari email untuk secara otomatis mendapatkan email dengan undangan kalender. 

Membuat acara: Selain itu, Anda juga dapat menjadwalkan rapat dan membagikan kembali informasi acara di email. Ringkasan acara akan secara otomatis dimasukkan ke dalam badan email agar mudah dibagikan. Sebelumnya, fitur ini tersedia di menu tiga titik di atas tampilan percakapan email. 

“Fitur ini membuat penjadwalan jauh lebih mudah dengan mengurangi bolak-balik dalam utas email yang panjang saat bernegosiasi atau menjadwalkan waktu rapat,” tambah Google.