Gmail Versi Aplikasi Kini Munculkan Fitur Tambahan Select All
Ilustrasi penambahan fitur Select All pada Gmail (foto: dok. pixabay)

Bagikan:

JAKARTA – Pesan email sering kali menumpuk dan membuat penggunanya kewalahan untuk mengatur atau membuang pesan-pesan tersebut. Pasalnya, Gmail tak mendukung hapus pesan sekaligus.

Hal ini kerap menjadi masalah karena tak semua orang ingin mengatur emailnya satu per satu, baik untuk diarsipkan, dihapus, atau ditandai untuk hal lainnya. Memilih email satu per satu juga membuang-buang waktu.

Dilansir dari 9to5Google, Google kini menambahkan fitur Select All atau Pilih Semua yang mampu mempermudah pemilihan email. Fitur tambahan ini akan memilih banyak email sekaligus sehingga Anda tak perlu lagi memilih satu per satu.

Menu Pilih Semua baru muncul ketika Anda memilih salah satu email. Fitur ini sendiri sudah ada sejak lama, tapi hanya bisa digunakan ketika Anda membuka Gmail melalui website.

Kini, fitur tambahan Pilih Semua bisa Anda rasakan di perangkat mobile. Sayangnya, fitur ini hanya tersedia bagi perangkat yang mendukung Android.

Meski klaimnya mempermudah, fitur Pilih Semua tidak 100 persen membantu. Pasalnya, ada jumlah email yang bisa dipilih, yakni hanya terbatas sampai 50 email. Oleh karena itu, fitur Pilih Semua tak benar-benar mempermudah.

Fitur ini sendiri dikatakan muncul pada Gmail di Pixel dan Samsung Galaxy oleh 9to5Google, tetapi The Verge tak melihat perubahan itu. 9to5Google menambahkan bahwa peluncuran ini bagian dari perubahan sisi server. Dengan kata lain, Anda perlu menunggu fitur ini sampai benar-benar hadir.