<i>Bathhouse</i> di Brooklyn Gunakan Rig Penambangan Bitcoin untuk Memanaskan Spa
Bathhouse menjelaskan bahwa mereka menjalankan rig penambangan Bitcoin di lokasi mereka di Brooklyn (foto: instagram @bathhouse)

Bagikan:

JAKARTA - Sebuah tempat pemandian di Brooklyn, New York, membagikan posting di Instagram dan Twitter setelah mengungkapkan bahwa mereka menggunakan rig penambangan Bitcoin untuk memanaskan spa mereka.

Dalam postingan Instagram pada tanggal 21 Juni, Bathhouse menjelaskan bahwa mereka menjalankan rig penambangan Bitcoin di lokasi mereka di Brooklyn yang menghasilkan panas sebagai produk sampingan. Dalam postingan tersebut, dijelaskan dalam tiga langkah bagaimana panasnya diambil oleh penukar panas dan digunakan untuk memanaskan kolam renang dengan menggunakan sistem sirkulasi.

Penambangan Bitcoin adalah proses pembuatan blok yang valid yang menambahkan catatan transaksi ke buku besar publik Bitcoin, yang disebut blockchain. Penambangan Bitcoin mengonsumsi jumlah energi yang signifikan, seringkali bersumber dari bahan bakar fosil. Hal ini berkontribusi pada emisi karbon dan menimbulkan kekhawatiran terkait dampak lingkungan.

Pada Januari 2022, sebuah laporan memperkirakan bahwa jaringan penambangan Bitcoin menghasilkan 42 megaton karbon dioksida, yang menyumbang 0,08% dari total produksi dunia.

Pengguna Instagram yang mengikuti akun Bathhouse tidak sepenuhnya setuju dengan ide ini. Seorang pengguna dengan nama Annalarranaga menulis, "Ini membuat saya kurang menyukai Bathhouse. Sekarang saya khawatir tentang siapa yang menambang mata uang kripto ini, siapa yang mendapatkan keuntungan darinya, dan apakah saya mendukung hal itu. Kita membutuhkan sedikit kejelasan."

Tangkapan layar komentar pada postingan Instagram Bathhouse. Sumber: Instagram Pengguna lain juga mengklaim bahwa pelanggan Bathhouse "menginginkan panas murni dan tidak tercemar untuk mandi garam mereka, bukan panas sampingan yang kotor."

Di sisi lain, beberapa pengguna senang melihat respons negatif terhadap kolam renang yang dipanaskan oleh penambangan, sementara setidaknya ada satu pengguna yang senang dengan hal ini dan mengatakan, "Saya rasa ini cara yang bagus untuk memanaskan kolam renang dan saya akan mencoba tempat itu karena hal ini."

Meskipun Bathhouse memberikan contoh khusus tentang penambangan Bitcoin yang ramah lingkungan, dampak penambangan Bitcoin terhadap lingkungan tetap menjadi kekhawatiran yang signifikan bagi sebagian orang, yang menyebabkan tanggapan yang tidak menguntungkan dari mereka.

Terlepas dari itu, ini bukanlah kali pertama panas dari penambangan Bitcoin dimanfaatkan untuk menghemat energi. Di Eropa, para penambang telah menemukan cara kreatif untuk mendaur ulang panas yang dihasilkan oleh blok Bitcoin yang valid. Di Norwegia, penambang Bitcoin dan pusat data Kryptovault menggunakan udara panas yang dihasilkan oleh rig penambangan Bitcoin untuk mengeringkan potongan kayu bakar.