Cipher Mining Berencana Beli 56 Ribu Rig Tambang Bitcoin, Targetkan Pendapatan Rp4,95 Triliun
Rig penambangan Bitcoin kini menjadi sarana mengeruk untung besar-besaran. (foto: indiamart)

Bagikan:

JAKARTA - Menurut pengajuan Formulir 8-K dengan Komisi Sekuritas dan Pertukaran Amerika Serikat (SEC) pada Senin, 11 Oktober, Cipher Mining akan membeli 28.000 hingga 56.000 perangkat keras penambangan Bitcoin generasi berikutnya dari Bitfury dengan biaya 6.250 dolar AS (Rp 88 juta) per rig.

Dengan biaya maksimum 6.250 dolar per mesin, maka pengeluaran perangkat keras penambangan Bitcoin Cipher bisa mencapai antara 175 juta dolar AS (Rp 2,47 triliun) dan 350 juta dolar AS (Rp 4,95 triliun), tergantung pada apakah perusahaan memilih untuk menerima semua 56.000 rig sebagaimana dinyatakan dalam perjanjian pembelian.

Total pesanan inventaris akan dikirim dalam tujuh batch setiap bulan mulai musim panas 2022 hingga Desember 2022.

Sebagai bagian dari pengajuan SEC, Cipher Mining akan membayar biaya lanjutan sebesar 10 juta dolar AS dalam waktu tiga hari kerja setelah melaksanakan perjanjian untuk memulai pesanan besar-besaran.

Seperti yang dilaporkan sebelumnya oleh Cointelegraph, Cipher Mining memiliki desain untuk mencapai kapasitas penambangan Bitcoin 745 megawatt sebelum akhir tahun 2025.

Pada bulan Maret, perusahaan ini melakukan merger senilai 2 miliar dolar AS dengan Good Works Acquisition Corp yang terdaftar di Nasdaq - sebuah perusahaan akuisisi tujuan khusus (SPAC).

Cipher Mining juga didukung oleh investor seperti Fidelity Management and Research serta Counterpoint Group yang berafiliasi dengan Morgan Stanley.

Skala pengeluaran yang direncanakan perusahaan untuk rig penambangan Bitcoin sesuai dengan kebijakan ekspansi cepat yang dilakukan oleh perusahaan penambangan kripto di Amerika Utara.

Perusahaan penambangan Crypto di Amerika Serikat telah memperoleh lebih banyak rig dari produsen besar seperti Bitmain dan MicroBT.

Menurut data dari Cambridge Bitcoin Electricity Consumption Index, Amerika Serikat sekarang menyumbang lebih dari sepertiga dari distribusi tingkat hash BTC global.

Cipher Mining Technologies Inc. telah menandatangani Perjanjian Layanan dan Pasokan Utama dengan raksasa pengembangan blockchain Bitfury untuk membeli rig penambangan Bitcoin (BTC).