Regulator Antimonopoli Jerman Tinjau Kekuatan Pasar Microsoft
Presiden Bundeskartellamt, Andreas Mundt, (tengah) pantau Microsoft. (foto: twitter @AMundt_BKartA)

Bagikan:

JAKARTA - Otoritas antimonopoli Jerman sedang meninjau kekuasaan pasar Microsoft yang dapat menyebabkan penyelidikan terhadap praktik bisnis raksasa teknologi asal AS tersebut dan kemungkinan pelarangan jika ditemukan merugikan persaingan.

Bundeskartellamt mengatakan akan memutuskan apakah Microsoft harus ditetapkan sebagai perusahaan "yang sangat penting untuk persaingan di pasar-pasar tertentu".

"Temuan seperti itu akan memungkinkan kami mengambil tindakan pada tahap awal dan melarang kemungkinan praktik anti-persaingan," kata Presiden Bundeskartellamt, Andreas Mundt, seperti dikutip Reuters.

Seorang juru bicara Microsoft mengatakan: "Sebagai perusahaan teknologi besar, kami sangat memperhatikan tanggung jawab kami untuk mendukung lingkungan persaingan yang sehat."

"Kami akan berkomunikasi dengan Bundeskartellamt secara konstruktif saat mereka berusaha memahami peran kami di pasar digital," tambah juru bicara tersebut dalam pernyataan yang dikirim melalui email, ekpada Reuters.

Proses ini menandai tahap pertama dalam proses dua tahap dan belum melibatkan penilaian tentang praktik spesifik di perusahaan tersebut, kata regulator dalam sebuah pernyataan.

"Jika aduan atau informasi lain menunjukkan ada indikasi Microsoft terlibat dalam praktik potensial anti-persaingan, keputusan terpisah harus dikeluarkan dalam hal ini - juga dengan berkonsultasi dengan Komisi Eropa dan mungkin otoritas persaingan lainnya," kata Bundeskartellamt.

Otoritas Jerman telah menyatakan bahwa induk perusahaan Google, Alphabet, dan pemilik Facebook, Meta, adalah perusahaan yang sangat penting untuk persaingan di pasar.