Hindari Sanksi Antimonopoli UE, Microsoft Ingin Permudah Lisensi untuk Layanan <i>Cloud</i>
Brad Smith saat bertemu Paus di vatikan.(foto: twitter @BradSmi)

Bagikan:

JAKARTA - Microsoft  akan merevisi kesepakatan lisensi dan mempermudah penyedia layanan cloud untuk bersaing. Ini dijelaskan oleh Presiden Microsoft, Brad Smith, pada Rabu, 8 Mei, saat raksasa perangkat lunak AS itu berusaha menghindari penyelidikan antimonopoli UE yang panjang ke dalam bisnis komputasi awannya.

Microsoft didenda 1,6 miliar euro (Rp 24,6 triliun) oleh regulator antimonopoli UE pada dekade sebelumnya karena berbagai pelanggaran.

Microsoft juga menemukan dirinya di bawah pengawasan badan persaingan UE lagi setelah penyedia perangkat lunak Jerman, NextCloud, OVHcloud Prancis, penyedia layanan cloud Italia Aruba dan asosiasi penyedia layanan cloud Denmark mengeluh kepada Komisi Eropa tentang praktik cloud Microsoft yang dianggap memonopoli.

“Microsoft mengambil langkah pertama, tetapi bukan yang terakhir, untuk mengatasi masalah tersebut,” kata Smith dalam konferensi yang diselenggarakan oleh lembaga pemikir Bruegel di Brussel.

Dia menceritakan "kekalahan luar biasa" yang dihadapi Microsoft dalam tantangan terhadap badan antimonopoli UE pada tahun 2007 yang memaksanya untuk menerima perubahan "yang jauh lebih menyenangkan daripada seperti menjatuhkan kepala".

“Microsoft ingin mendengarkan dan menindaklanjuti keluhan,” kata Smith, seperti dikutip Reuters.

"Ini benar-benar dimulai dengan memberikan lebih banyak opsi kepada penyedia cloud Eropa. Jadi jika ada perusahaan yang memiliki pusat data tetapi ingin menjalankan solusi di pusat data PBX cloudnya, kami membuat lebih banyak opsi bagi mereka untuk melakukannya dengan perangkat lunak kami, Karena itu yang mereka minta," katanya.

Microsoft akan membantu penyedia cloud untuk menawarkan Windows dan Office secara langsung sebagai bagian dari solusi desktop lengkap yang dapat mereka bangun, jual, dan host di infrastruktur mereka.

Ini akan merevisi kesepakatan lisensi dan memungkinkan pelanggan untuk menggunakan lisensi mereka pada penyedia cloud Eropa mana pun yang memberikan layanan ke pusat data mereka sendiri. Pelanggan juga akan diizinkan untuk membeli lisensi hanya untuk lingkungan virtual tanpa perlu membeli perangkat keras fisik.

Sementara beberapa penyedia layanan cloud memuji berita tersebut, namun yang lain mengatakan itu tidak cukup.

"Adopsi cloud dan pengembangan kemampuan digital Eropa adalah prioritas bagi Uni Eropa. Microsoft memiliki peran unik untuk dimainkan dalam mendukung upaya ini," kata European Cloud Alliance, yang anggotanya termasuk Microsoft, dalam sebuah pernyataan.

CISPE, yang menghitung penyedia layanan cloud No. 1 dunia Amazon, OVHCloud dan Aruba sebagai anggotanya, menolak langkah itu dan mendesak pengawas antimonopoli UE untuk tidak mereda.

"Inisiatif yang diumumkan hari ini gagal mengatasi dengan cara apa pun praktik perizinan yang tidak adil di jantung keluhan dan kekhawatiran di antara penyedia layanan infrastruktur cloud dan pelanggan di seluruh Eropa," kata Sekretaris Jenderal CISPE, Francisco Mingorance mengatakan dalam sebuah pernyataan.

"Tidak ada gunanya mengakhiri ikatan anti-persaingan suite produktivitas dengan layanan infrastruktur cloud," katanya.

Ditanya tentang keluhan aplikasi perpesanan tempat kerja 2020 Slack tentang Microsoft mengikat produk Teams-nya ke dalam rangkaian produktivitas Office-nya, Smith mengatakan bundling tersebut berada dalam kategori yang berbeda, tetapi tidak memberikan perincian.