Rusia Klaim Miliki Senjata Laser Terbaru yang Bisa Butakan Satelit dan Hancurkan Drone
Perevest, senjata laser terbaru milik Rusia. (foto: twitter @jaaztime)

Bagikan:

JAKARTA - Rusia pada Rabu, 18 Mei menggembar-gemborkan senjata laser generasi barunya. Ini termasuk sistem laser bergerak yang pertama kali diumumkan oleh Presiden Rusia, Vladimir, Putin pada tahun 2018. Senjata ini menurut Moskow telah dikembangkan sejauh ini sehingga dapat membutakan satelit yang mengorbit dan menghancurkan pesawat tak berawak.

Putin pada 2018 meluncurkan serangkaian senjata baru termasuk rudal balistik antarbenua baru, dengan hulu ledak nuklir kecil yang dapat dipasang pada rudal jelajah, drone nuklir bawah air, senjata supersonik, dan senjata laser.

Sedikit yang diketahui tentang apa sebenarnya senjata laser, yang diberi nama Peresvet,  berdasarkan nama seorang biksu prajurit Ortodoks abad pertengahan, Alexander Peresvet, yang tewas dalam pertempuran fana. Putin memberikan beberapa detail pada tahun 2018 dan detail lasernya adalah rahasia.

Yury Borisov, wakil perdana menteri yang bertanggung jawab atas pengembangan militer, mengatakan pada sebuah konferensi di Moskow bahwa Peresvet sudah digunakan secara luas dan dapat membutakan satelit hingga 1.500 km di atas Bumi.

Dia mengutip sebuah tes pada  Selasa, 17 Mei, yang katanya telah membakar drone sejauh 5 km dalam waktu lima detik. Namun banyak media termasuk, Reuters, belum mendapatkan konfirmasi dari sumber independen terhadap klaim itu.

“Ini sudah dipasok massal ke pasukan (rudal), dan itu dapat membutakan semua sistem pengintaian satelit dari kemungkinan musuh di orbit hingga 1.500 km, melumpuhkan mereka selama penerbangan karena penggunaan radiasi laser,” kata Borisov, sepertyi dikutip Reuters.

"Tapi itu, katakanlah, hari ini, atau bahkan dalam beberapa hal kemarin: fisikawan kita sekarang telah menciptakan, dan secara praktis diproduksi secara massal, sistem laser yang lebih kuat dengan urutan besarnya yang dapat menimbulkan kerusakan termal pada berbagai peralatan. ," kata Borisov.

Pernyataan Borisov ini menunjukkan bahwa Rusia telah membuat kemajuan signifikan dengan Peresvet, dan penerus lainnya yang belum diumumkan. Ini  sebuah tren yang cukup menarik bagi kekuatan nuklir lain seperti Amerika Serikat dan China.

Pernyataannya menunjukkan Rusia dapat membutakan satelit dan berbagai sistem lain yang digunakan Amerika Serikat untuk memantau rudal balistik antarbenua Rusia atau drone yang digunakan untuk menargetkan posisi artileri dalam perang Ukraina.

Borisov mengatakan dia baru saja kembali dari Sarov, kota tertutup di wilayah Nizhny Novgorod yang dulu dikenal sebagai Arzamas-16 karena sangat rahasia, yang merupakan pusat penelitian senjata nuklir Rusia.

"Hari ini, apa yang disebut sistem senjata berdasarkan prinsip fisik baru sedang dalam proses," kata Borisov.

"Ini terutama senjata laser, senjata pita lebar elektromagnetik yang akan menggantikan (senjata konvensional) dalam dekade berikutnya - ini bukan semacam ide eksotis; ini adalah kenyataan," kata Borisov.