Ejek Klaim Laser Rusia yang Mampu Lumpuhkan Drone Sejauh 5Km dalam Lima Detik, Presiden Zelensky: Senjata Ajaib
Sistem senjata laser Peresvet Rusia. (Wikimedia Commons/Mil.ru/Минобороны России)

Bagikan:

JAKARTA - Rusia mengklaim menggunakan senjata baru berupa laser untuk melumpuhkan pesawat tak berawak di Ukraina, menimbulkan olok-olok dari Presiden Zelensky yang menyindir kegagalan misi Moskow.

Presiden Rusia Vladimir Putin pada 2018 meluncurkan rudal balistik antarbenua, drone nuklir bawah air, senjata supersonik dan senjata laser.

Sedikit yang diketahui tentang spesifikasi laser baru. Presiden Putin menyebutkan satu yang disebut Peresvet, dinamai dari seorang biarawan prajurit Ortodoks abad pertengahan, Alexander Peresvet, yang tewas dalam pertempuran fana.

Dalam konferensi pers di Moskow, Wakil Perdana Mentei Yury Borisov yang bertanggung jawab atas pengembangan militer mengatakan, Peresvet sudah digunakan secara luas dan dapat membutakan satelit hingga 1.500 km di atas Bumi.

Dia mengatakan sudah ada sistem yang lebih kuat dari Peresvet yang bisa membakar drone dan peralatan lainnya. Borisov mengutip sebuah tes pada hari Selasa yang katanya telah membakar drone sejauh 5 km dalam waktu lima detik.

"Jika Peresvet membutakan, maka senjata laser generasi baru mengarah pada penghancuran fisik target, penghancuran termal, mereka terbakar," katanya kepada televisi pemerintah Rusia, melansir Reuters 19 Mei.

Ditanya apakah senjata semacam itu digunakan di Ukraina, Borisov mengatakan: "Ya. Prototipe pertama sudah digunakan di sana." Dia mengatakan senjata itu disebut "Zadira".

laser peresvet rusia
Sistem senjata laser Peresvet Rusia. (Wikimedia Commons/Mil.ru/Минобороны России)

Terpisah, Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy dengan mengejek membandingkan berita tentang laser, dengan apa yang disebut senjata ajaib yang diungkapkan Nazi Jerman dalam upaya untuk mencegah kekalahan dalam Perang Dunia Kedua.

"Semakin jelas bahwa mereka tidak memiliki peluang dalam perang, semakin banyak propaganda tentang senjata luar biasa yang akan sangat kuat untuk memastikan titik balik," katanya dalam pidato video larut malam.

"Jadi kita melihat bahwa di bulan ketiga perang skala penuh, Rusia mencoba menemukan 'senjata ajaibnya'. Ini semua dengan jelas menunjukkan kegagalan total misi," sambung Presiden Zelensky.

Hampir tidak ada yang diketahui publik tentang Zadira, tetapi pada tahun 2017 media Rusia mengatakan perusahaan nuklir negara Rosatom membantu mengembangkannya sebagai bagian dari program untuk menciptakan prinsip-prinsip fisik baru berbasis senjata.

Invasi ke Ukraina telah menggambarkan batas-batas angkatan bersenjata konvensional Rusia pasca-Soviet, meskipun Presiden Putin mengatakan "operasi militer khusus" direncanakan.

Pernyataan Borisov menunjukkan bahwa Rusia telah membuat kemajuan signifikan dengan senjata laser, tren yang cukup menarik bagi kekuatan nuklir lain seperti Amerika Serikat dan China.

Borisov mengatakan dia baru saja kembali dari Sarov, yang merupakan pusat penelitian senjata nuklir Rusia. Dia mengatakan generasi baru senjata laser yang menggunakan pita elektromagnetik lebar pada akhirnya akan menggantikan senjata konvensional.

"Ini bukan semacam ide eksotis; ini adalah kenyataan," pungkas Borisov.

Diketahui, menggunakan laser untuk membutakan satelit pernah menjadi fantasi dari dunia fiksi ilmiah. Tetapi, Amerika Serikat, China, dan Rusia telah mengerjakan varian senjata semacam itu selama bertahun-tahun.

Selain manfaat membakar drone, sistem pengintaian yang menyilaukan memiliki dampak strategis, karena satelit digunakan untuk memantau rudal balistik antarbenua yang membawa senjata nuklir.