Hipstamatic Muncul Lagi Setelah Satu Dekade di App Store, Bawa Format Jadul Instagram
Image Credit: dok. Hipstamatic

Bagikan:

JAKARTA - Setelah hampir lebih dari satu dekade menghilang, jejaring sosial Hipstamatic mencoba kembali untuk mengalahkan Instagram. Kini, aplikasi itu tersedia melalui App Store milik Apple untuk penggemar fotografi iPhone.

Hipstamatic yang baru ini muncul dengan versi awal mirip Instagram. Fotografer dapat mengunggah gambar ke umpan utama mereka dan membagikan foto dengan teman atau pengguna lain yang memiliki hobi serupa.

Format sederhana itu sejatinya sudah lama ditinggalkan Instagram sendiri. Hal itu dilakukan demi memenuhi platformnya dengan algoritme dan fitur seperti Reels, yang meniru TikTok.

Namun sepertinya, Hipstamatic tidak tertarik akan hal itu. Aplikasi enggan mengizinkan pengunggahan video atau filter seperti yang sudah ada di Instagram.

Sebaliknya, perusahaan mengatakan, ingin fokus pada nostalgia 1980-an karena lebih banyak Gen Z tertarik pada ponsel lipat, album vinil, dan foto-foto jadul. Aplikasi ini mengiklankan dirinya sebagai kembalinya kamera analog point-and-shoot asli, di situsnya.

“Rasakan kamera retro yang mengubah fotografi iPhone selamanya. Hipstamatic menghadirkan semua kegembiraan, keunikan, dan keacakan fotografi film ke dalam saku Anda," ungkap Hipstamatic.

Aplikasi tersebut juga tidak memiliki umpan algoritme, yang berarti alih-alih melihat foto atau foto berperingkat populer berdasarkan tampilan sebelumnya, kontennya bersifat kronologis.

Hipstamatic berupaya menghapus konten influencer dengan mengizinkan pengguna hanya mengikuti hingga 99 orang, dengan sembilan orang yang ditunjuk sebagai teman dekat. Format ini mirip seperti Path yang membatasi teman di dalam profilnya.

Foto di Hipstamatic tidak bertahan lama, ia akan menghilang dari jejaring sosial setelah 30 hari. Tetapi pengguna dapat mengekspor kreasi ke Rol Kamera, atau hanya menggunakan aplikasi sebagai pengedit foto, seperti dikutip dari TechCrunch, Kamis, 23 Maret.

Untuk mempertahankan aplikasinya, Hipstamatic menetapkan harga berlangganan 4,99 dolar AS per bulan atau 29,99 dolar AS per tahun yang akan membuka kunci filter premium, fitur pengeditan, dan fasilitas lainnya seperti mengklaim nama pengguna pilihan di jejaring sosial.

Perlu dicatat, aplikasi Hipstamatic yang diperbarui itu akan menggantikan Hipstamatic X di App Store, dirancang untuk langsung menjawab kekecewaan pengguna Instagram dan hanya khusus untuk pengguna iPhone, tidak pada Android.

Aplikasi ini hadir di tengah keluhan pengguna atas keadaan Instagram saat ini, mereka menyatakan frustrasi dengan aplikasi milik Meta yang terlalu berantakan.

Serta fokusnya untuk mengejar TikTok, umpan algoritmiknya yang mengalihkan mereka dari pembaruan teman, rekomendasi yang tidak diinginkan dan iklan, serta dorongannya untuk membuat pengguna mengikuti pembuat dan merek alih-alih orang yang mereka kenal.