Bagikan:

JAKARTA - Pengguna perangkat Apple tampaknya harus bersiap-siap untuk melihat lebih banyak iklan ketika ingin mengunduh aplikasi di App Store.

Apple mengumumkan penambahan iklan baru di tab Today pada menu utama App Store mulai 25 Oktober mendatang. Termasuk di tab Anda Mungkin Juga Suka.

"Dengan iklan tab Today, aplikasi Anda dapat muncul dengan jelas di halaman depan App Store menjadikannya beberapa konten pertama yang dilihat pengguna saat mereka memulai kunjungan App Store," bunyi informasi di laman resmi Apple, dikutip dari MacRumors.

Apple juga mengatakan, tab iklan ini akan muncul di semua pengguna perangkat Apple secara global, kecuali di negara China.

"Penonjolan penempatan ini menjadikannya pilihan yang baik untuk mendorong kesadaran aplikasi Anda, terutama untuk peluncuran konten baru, acara khusus, dan promosi musiman," kata pihak Apple.

Menurut laporan Bloomberg, langkah ini sebagai bagian dari Apple sebagai perusahaan memperluas bisnis periklanannya. Dengan adanya penambahan tab iklan di App Store, perusahaan berharap dapat melipatgandakan pendapatan iklannya.

Bloomberg menyebutkan, Apple berharap mendapatkan laba dari iklannya menjadi 10 miliar dolar AS atau sekitar Rp155 triliun per tahun selama beberapa tahun ke depan.

Apple awalnya ingin mengumumkan terkait iklan di laman App Store pada Juli lalu. Namun, urung dilaksanakan. Direncanakan informasi terkait ini akan muncul dari Apple dalam waktu dekat ini tetapi belum ada kepastian.

Hal ini seperti ketika Apple dikabarkan sedang menguji secara internal iklan pencarian di Maps. Uji coba itu terkait rekomendasi restoran, toko, atau bisnis terdekat lainnyan dalam pencarian di maps. 

Akselerasi Apple di Maps itu sedianya akan diumumkan pada Agustus lalu. Namun, hingga saat ini belum diketahui kapan iklan di Maps tersebut akan meluncur ke semua pengguna iPhone.