Begini Cara Menyembunyikan Konten Dewasa di YouTube Music Anak
Ilustrasi YouTube Music. (Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Mode terbatas YouTube adalah fitur yang memfilter lagu dan video dengan "konten yang berpotensi dewasa". Meskipun Anda menonaktifkan mode terbatas di YouTube Anda, tapi Anda mungkin perlu mengaktifkannya untuk akun anak-anak Anda.

Menurut halaman Bantuan YouTube, konten dewasa adalah konten yang ditujukan untuk pemirsa berusia di atas 18 tahun. YouTube mengkategorikan konten menjadi tiga tingkatan: Tidak ada konten dewasa (default), konten dewasa ringan, dan konten dewasa.

Seperti kebanyakan fitur, Anda dapat mengaktifkan mode terbatas YouTube di setelan YouTube Music di ponsel maupun laptop. Begini caranya:

Mengaktifkan Mode Terbatas YouTube Music di Ponsel

Mengaktifkan Mode Terbatas YouTube Music di ponsel cukup mudah. Anda hanya perlu melakukan tiga langkah saja, ikuti petunjuk yang akan VOI berikan ini:

  1. Buka aplikasi YouTube Musik
  2. Ketuk ikon profil Anda di pojok kanan atas layar dan pilih Pengaturan
  3. Pilih opsi Pemutaran dan pembatasan dan aktifkan Mode Terbatas

Meskipun YouTube Music mencatat bahwa mode terbatas tidak 100 persen akurat. Dengan mengaktifkan mode ini akan mengurangi kemungkinan menemukan konten dewasa saat streaming.

Mengaktifkan Mode Terbatas YouTube Music di Desktop

Sebenarnya, mengaktifkan Mode Terbatas di YouTube Music melalui desktop hampir sama dengan melakukannya melalui ponsel. Namun, berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Masuk ke YouTube Music di browser Anda
  2. Klik ikon profil Anda di sudut kanan atas layar dan pilih opsi Pengaturan 

Klik tab Umum di sebelah kiri dan aktifkan Mode Terbatas