Regulator Antitrust EU Beri Batas Waktu 28 Maret untuk Penyelesaian Akuisisi Photomath oleh Google
Google berencana membeli aplikasi Photomath. (foto: twitter @photomath)

Bagikan:

JAKARTA - Regulator antitrust Uni Eropa telah menetapkan batas waktu pada 28 Maret untuk memutuskan mengenai akuisisi aplikasi matematika Kroasia Photomath oleh Alphabet unit Google. Hal ini diketahui dari pengajuan Komisi Eropa pada Rabu, 22 Februari.

Penegak persaingan Uni Eropa ini dapat menyetujui kesepakatan dengan atau tanpa perbaikan setelah tinjauan awal atau dapat membuka investigasi selama empat bulan jika mereka memiliki kekhawatiran serius.

"Kami dapat mengkonfirmasi bahwa kami sepakat untuk membeli Photomath pada Mei 2022, yang tunduk pada tinjauan regulasi," kata juru bicara Google, dikutip Reuters.

"Teknologi Photomath akan membantu Google meningkatkan kemampuannya untuk memberikan pengalaman belajar matematika yang lebih baik kepada siswa, membantu memperluas tawaran bantuan tugas rumah Google untuk pengguna," kata Google.

Photomath adalah sebuah aplikasi matematika yang dibuat oleh perusahaan Kroasia yang juga bernama Photomath. Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk memecahkan masalah matematika dengan cara mengambil gambar matematika yang kompleks dengan kamera ponsel cerdas mereka dan kemudian memperlihatkan cara penyelesaiannya secara detail.

Aplikasi ini memanfaatkan teknologi pengenalan karakter optik dan algoritma pemrosesan gambar untuk memindai masalah matematika, serta menggunakan teknologi augmented reality untuk menunjukkan langkah-langkah penyelesaiannya.

Photomath juga memungkinkan pengguna untuk memindai grafik dan bentuk geometri, serta menampilkan formula matematika dan kunci jawaban sebagai panduan bagi pengguna. Aplikasi ini sangat populer di kalangan siswa dan mahasiswa, serta orang dewasa yang ingin memperbaiki kemampuan matematika mereka.

Aplikasi Photomath menggunakan kamera smartphone atau kalkulator ilmiah untuk mengenali dan menjelaskan masalah matematika simbolik. Menlo Ventures, LearnCapital, Goodwater Capital, GSV Ventures, dan Cherubic adalah investor dalam perusahaan tersebut.