Ofcom Dorong Penyelidikan Antitrust Terhadap Dominasi Amazon dan Microsoft di Pasar Komputasi Awan Inggris
Amazon Cloud dianggap lakukan monopoli di Inggris. (foto: amazon.com)

Bagikan:

JAKARTA - Otoritas regulasi media Inggris, Ofcom, akan mendorong penyelidikan antitrust terhadap dominasi Amazon dan Microsoft di pasar komputasi awan di Inggris. Menurut dua sumber yang akrab dengan masalah ini, Amazon dan Microsoft bersama-sama menguasai pangsa pasar sekitar 60-70% dalam industri komputasi awan Inggris. Sementara pesaing terdekat mereka, Google, hanya memiliki sekitar 10%.

Upaya Ofcom untuk penyelidikan antitrust telah diindikasikan sejak April dan akan tetap termuat dalam laporan finalnya, yang dijadwalkan akan diterbitkan pada Kamis, 5 Oktober, menurut salah satu sumber. Sebelumnya, Ofcom telah menyatakan pertimbangan untuk merujuk pasar ini ke investigasi oleh CMA, badan regulator persaingan Inggris.

Ofcom mengingatkan bahwa situasi saat ini di pasar komputasi awan Inggris membuat beberapa pelanggan kesulitan untuk bernegosiasi mendapatkan kesepakatan yang baik dengan penyedia layanan mereka. Pembatasan teknis dan diskon yang mendorong pelanggan untuk tetap menggunakan satu penyedia untuk semua kebutuhan mereka, bahkan ketika alternatif yang lebih baik tersedia, dapat dianggap sebagai tindakan anti-persaingan.

Kedua pihak, Amazon dan Microsoft, sebelumnya menyatakan akan terus bekerja sama dengan Ofcom sebelum laporan finalnya diterbitkan. Dalam tanggapannya terhadap proposal sebelumnya dari Ofcom, Microsoft menyatakan bahwa penyelidikan semacam itu pada akhirnya dapat merugikan konsumen.

Lembaga regulator ini akan mengumumkan keputusan mereka apakah akan merujuk pasar ini ke CMA (Otoritas Persaingan dan Pasar) pada tanggal 5 Oktober, sesuai dengan batas waktu yang ditetapkan oleh undang-undang.