Menteri Keuangan Inggris  Gelar Konsultasi Publik untuk Bahas Pound Digital
Menteri Jasa Keuangan Inggris Andrew Griffith. (foto: twitter @griffitha)

Bagikan:

JAKARTA - Pada Selasa 10 Januari, Menteri Jasa Keuangan Inggris Andrew Griffith mengatakan  bahwa mendapatkan desain pound digital dengan benar adalah prioritas yang lebih besar daripada peluncurannya yang  cepat.

China telah mendorong maju dengan uji coba yuan digital dan Bank Sentral Eropa sedang mempelajari euro digital, hingga menumpuk tekanan pada Inggris untuk melakukan hal yang sama dan mengikuti kemajuan teknologi keuangan.

Kementerian keuangan Inggris berencana akan meluncurkan konsultasi publik tentang atribut pound digital, dalam beberapa minggu mendatang.

"Konsultasi akan mengatakan ini adalah jika, dan bukan kapan. Kami tidak sepenuhnya melakukan hal ini," kata Griffith kepada Komite Pemilihan Keuangan parlemen Inggris, seperti dikutip Reuters.

“Pound digital mengangkat banyak masalah kebijakan publik. Kita harus melakukannya dengan benar. Saya lebih suka menjadi yang benar daripada menjadi yang pertama," kata Griffith. "Ini akan menjadi aktivitas jangka panjang."

Menurutnya penggunaan kasus pertama dari pound digital mungkin dalam penyelesaian transaksi keuangan grosir. Tetapi mengingat pertimbangan kebijakan publik untuk mata uang digital, stablecoin grosir swasta yang didukung fiat mungkin akan sampai di sana terlebih dahulu.

Uni Eropa juga akan menerbitkan rancangan undang-undang tahun ini untuk mengatur dan mengatur euro digital secara legal.

Griffith mengatakan juga akan ada konsultasi publik dalam beberapa minggu mendatang tentang pendekatan peraturan umum pertama Inggris untuk cryptoassets, sektor di mana perlindungan konsumen telah diawasi dalam beberapa minggu terakhir.

Kecelakaan dalam bitcoin menyebabkan musim dingin kripto , yang melihat keruntuhan tahun lalu crypto exchange FTX.

Uni Eropa telah menetapkan seperangkat aturan komprehensif pertama di dunia untuk mengatur pasar crypto, yang akan menerima persetujuan akhir dalam beberapa minggu mendatang, dan mulai berlaku pada tahun 2024.

Griffith mengatakan aturan di Inggris bisa lebih luas untuk memasukkan keuangan terdesentralisasi.

“Itu benar untuk menyelesaikan dasar tetapi hanya undang-undang yang melakukan itu,” kata Charles Kerrigan, mitra aset kripto dan digital di firma hukum CMS. "Industri masih melihat Inggris sebagai tempat ketidakpastian peraturan sampai kita memiliki sesuatu di buku undang-undang."