Poundtoken dan BitcoinPoint Bermitra untuk Membuat GBPT Bisa Diakses di 18 Ribu ATM di Inggris
Poundtoken, kini bermitra dengan BitcoinPoint. (foto: twitter @Poundtoken)

Bagikan:

JAKARTA - Kemitraan antara Poundtoken dan BitcoinPoint akan membuat stablecoin pound Inggris, GBPT, yang pertama didukung 100% di negara itu, dapat diakses oleh konsumen ritel melalui jaringan 18.000 ATM di seluruh Inggris Raya. Langkah tersebut menandai langkah lain menuju Inggris Raya menjadi "pusat kripto" dan sejalan dengan usaha pemerintah untuk menggunakan stablecoin untuk perdagangan grosir.

BitcoinPoint adalah pertukaran Bitcoin dan mata uang kripto yang mendukung Lightning Network, berlisensi dan terdaftar di Inggris Raya. Poundtoken adalah satu-satunya penerbit GBPT, yang dinyatakan didukung penuh dalam pound setiap saat, dengan pengesahan bulanan yang disediakan oleh auditor KPMG.

Mata uang kripto termasuk Bitcoin dan Ether sudah dapat ditukar dengan uang tunai di ATM di seluruh Inggris Raya. Namun, mendaftarkan GBPT di BitcoinPoint berarti bahwa pengguna sekarang dapat mengakses pembayaran eceran dan grosir menggunakan pound stablecoin dan menggunakan mata uang yang akrab bagi orang Inggris sebagai jalan menuju kripto.

Benoit Marzouk, CEO BitcoinPoint, mengatakan kepada Cointelegraph bahwa langkah tersebut dapat mendemokratisasikan akses ke kripto untuk orang yang tidak mengerti teknologi di Inggris Raya.

“Ini juga sepenuhnya sejalan dengan pertimbangan pemerintah untuk mengintegrasikan stablecoin dengan ekonomi Inggris," kata Marzouk.

Inggris adalah ekonomi terbesar kedua di Eropa. Pemerintahnya sedang merekrut untuk peran senior dalam mata uang digital bank sentral serta peluncuran pound digital, sementara Perdana Menteri, Rish Sunak, sangat vokal mendukung “aset penyelesaian digital,” terminologi baru yang disukai pemerintah Inggris untuk kripto.

Crosbie menjelaskan kepada Cointelegraph bahwa Poundtoken muncul sebagai akibat dari naiknya stablecoin USD seperti Tether USDT dan USD Coin dan fakta bahwa tidak ada alternatif yang berbasis di Inggris.

“Tujuan GBPT benar-benar untuk membawa blockchain dan kripto ke Inggris dan membuatnya lebih mudah untuk diadopsi di Inggris. Sudah saatnya Inggris mulai menyadari potensinya sebagai pemimpin dunia dalam crypto,” ujar Crosbie.

Kemitraan ini bekerja untuk menormalkan penggunaan stablecoin untuk melakukan praktik keuangan sehari-hari. “Kami adalah Bitcoiner di BitcoinPoint, dan kami benar-benar melihat nilai dalam proyek stablecoin, ini sangat masuk akal,” kata Marzouk.

Penggunaan stablecoin telah menjamur di seluruh dunia, mulai dari Argentina yang dilanda inflasi hingga pusat keuangan Eropa seperti Swiss. Namun, luka dari crash stablecoin algoritmik Terra masih segar untuk industri kripto yang memaksa beberapa yurisdiksi, seperti Hong Kong, untuk melarang penggunaannya sepenuhnya.

Sistem penilaian dari penilai risiko keuangan tradisional seperti Moody's dapat memberikan kredibilitas pada ekosistem stablecoin yang sedang berkembang, sementara upaya dari kelompok pendukung Bitcoin seperti Institut Kebijakan Bitcoin dapat membuka jalan menuju masa depan berbasis kripto  dan stablecoin.

Marzouk memberi tahu Cointelegraph bahwa di Inggris, pencairan melalui ATM off-ramp menggunakan BitcoinPoint tetap rendah, bahkan kurang dari 5%, dan kecil kemungkinannya akan ada peningkatan dramatis dalam jumlah pengguna yang memanfaatkan GBPT untuk memegang uang tunai fisik. Namun, dia “cukup percaya diri tentang on-ramp.”

“Kami melihat Bitcoiner memilih keluar dari sistem perbankan dan hanya menjadi Bitcoin. Anda juga dapat memiliki orang yang tidak ingin memiliki rekening bank dan karenanya dapat menggunakan GBPT. Jadi, ketika mereka membutuhkan uang tunai, mereka dapat beralih ke GBPT untuk mendapatkan uang tunai,” ujar Marzouk.

Langkah ini memungkinkan semakin banyak penggemar kripto  untuk berpartisipasi tanpa bank. Integrasi sekarang aktif di 18.000 ATM Inggris Raya.

Terkait