Nikola Corp Segera Jual 75 Tre, Truk Listrik  Bertenaga Hidrogen ke Plug Power Inc.
Tre, truk listrik buatan Nikola Corp. (foto: twitter @FreightWaves)

Bagikan:

JAKARTA – Perusahaan pembuat truk listrik Nikola Corp mengumumkan pada Kamis 15 Desember bahwa mereka akan menjual hingga 75 truk bertenaga hidrogen, Tre, selama tiga tahun kepada pengembang teknologi sel bahan bakar Plug Power Inc.

Pembuat kendaraan listrik (EV) ini ingin memanfaatkan insentif pajak yang diberikan oleh Undang-Undang Pengurangan Inflasi (IRA) AS untuk menurunkan biaya penggunaan EV untuk tujuan komersial.

Plug Power akan memasang tanker hidrogen cairnya ke truk Nikola, yang pengirimannya akan dimulai tahun depan, untuk mengangkut bahan bakar hidrogen hijau ke seluruh Amerika Utara.

 Perusahaan juga akan menyediakan sistem pencairan untuk proyek pusat hidrogen Nikola di Buckeye, Arizona, yang pada awalnya akan menghasilkan 30 metrik ton gas per hari, dan skala hingga 150 metrik ton per hari.

Nikola mengatakan bahwa hidrogen rendah karbon dari fasilitas tersebut akan memungkinkan penyebaran lebih lanjut truk listrik sel bahan bakar Tre.

Plug Power juga akan memasok hidrogen hijau Nikola 125 metrik ton per hari, dan yang terakhir memiliki opsi untuk mengamankan lebih banyak volume dan juga untuk mendapatkan bahan bakar hidrogen dari tempat lain di Amerika Serikat.

Awal tahun ini, Nikola mengatakan bahwa insentif yang diberikan oleh IRA akan membantu perusahaan menurunkan biaya truk listrik dan bisnis energi hidrogennya.

Nikola telah mengumumkan bahwa pihaknya berencana untuk membangun hingga 60 stasiun pengeluaran hidrogen pada tahun 2026 dan memungkinkan akses hingga 300 metrik ton pasokan hidrogen rendah karbon.